Info Unik dan Menarik Terbaru

Tempat Wisata Candi di Yogyakarta Baru dan Lama

Advertisement
Tempat Wisata Candi di Yogyakarta Baru dan Lama – Berbicara mengenai tempat wisata candi di Yogyakarta, pasti semua orang akan menyebut nama candi Prambanan. Ya, candi Prambanan memang wisata candi di Yogyakarta yang paling terkenal. Selain candi Prambanan sebenarnya masih banyak lagi candi-candi yang berada di Yogyakarta, hanya saja dari beberapa candi yang ada belum terlalu diekspos. Ada juga wisata candi di Yogyakarta yang juga cukup dikenal selain Prambanan yaitu candi Ratu Boko.

Namun kini pemerintahan mulai mempopulerkan wisata candi di Yogyakarta. Hal ini dilakukan pemerintah kota Yogyakarta untuk, memberi banyak pilihan tempat wisata di Yogyakarta. Wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta bisa menikmati keindahan maha karya para pendahulu kita yang tentunya perlu dijaga dan dirawat serta dipelajari.
Selain bisa melihat kemegahan bangunan, yang biasanya diukir dengan bentuk patung atau ukiran relief yang menceritakan tentang sebuah cerita tertentu. Yang unik dibagunan candi biasanya setiap candi memiliki bentuk yang berbeda antara satu dan yang lainnya.

Untuk Wisata Candi di Yogyakarta yang tergolong masih baru atau sedang ngetrend ada candi Ijo dan Candi Barong yang keduanya terletak berdekatan serta ada Candi Sambisari. Ketiga candi ini akhir-akhir ini sering dikunjungi wisatawan.

Candi Ijo 
Candi Ijo merupakan alkulturasi dari dua kultur budaya yaitu hindu dan budha dari segi bangunannya, bahkan ada juga akulturasi dari bangunan jawa. Candi Ijo ini memang terbilang unik, Karena dibangun tepat berada diketinggian bukit yang berada diwilayah selatan Candi Ratu Boko. Bentuk kontur yang membentuk komplek candi ijo pun seperti punden berundak, Karena ada bagian candi yang dibangun dibawah dan diatasnya lagi dibangun candi lagi, seperti keyakinan masa lalu dimana banyak bangunan sacral berbentuk punden berundak. Jika wisatan berkunjung kesini selain melihat megahnya bangunan candi ijo, pengunjung juga disuguhkan dengan pemandangan yang indah yaitu melihat kota Jogjakarta dari ketiggian. Jika wisatan berkunjung pada sore hari akan disuguhi indahnya sunset dan indahnya kota Yogyakarta. Untuk menuju wisata Candi Ijo bisa menuju jalan piyungan-prambanan nanti diselatan book aka nada tanda plakat petunjuk arah untuk menuju ke Candi Ijo.


Candi Barong
Wisata candi di Yogyakarta ini tereletak berada dibawah Candi Ijo, untuk menuju ke Candi Barong ini jalannya searah dengan candi Ijo, hanya saja jika ke candi Barong cukup belok kiri sebelum candi Ijo kalau dari bawah. Di candi Barong ini akan langsung disuguhi dengan arca batu betara barong yang terlihat senyum disetiap sisi candi. Sama halnya dengan Candi Ijo, Candi Barong juga memiliki struktur punden berundak. Dari Candi Barong ini pengunjung juga bisa menikmati indahnya sunset dari atas ketinggian candi.


Candi Sambisari
Candi Sambisari merupakan wisata candi di Yogyakarta yang terletak di Kalasan, Candi Sambisari ini kalua dari bandara Adi Sucipto cukup ke utara melawati jalan sambisari. Hal yang unik dari candi Sambisari ini adalah dimana letak komplek candi berada dibawah permukaan tanah. Disekitar bangunan candi ini dibangun taman, sehingga membuat para pengunjung merasa nyaman dengan duduk-duduk diatas rumput atau di gazebo yang sudah disediakan. Candi Sambisari biasanya ramai pada sore hari.


Untuk wisata candi di Yogyakarta yang sudah dikenal lama oleh masyarakat umum tentunya adalah Komplek Candi Prambanan dan Juga Komplek Candi Ratu Boko Karena kedua komplek wisata ini memiliki keterikatan sejarah dan legenda yang sudah menyebar kemana-mana. Jika Prambanan terkenal dengan legenda yang dipercaya masyarakat dibangun dalam satu malam, kalua di Boko terkenal Karena legenda yang mengisahkan jika sang ratu tidak mau dinikahi oleh pangeran yang telah pembunuh ayahnya.

Candi Prambanan
Komplek candi Prambanan terletak di rambanan dibagi menjadi Prambanan Jogjakarta dan Prambanan Klaten. Wisata candi di Yogyakarta Candi Prambanan merupakan peningalan dari kerajaan matam kuno yang bercorak hindu, dibangun di masa Sanjaya. Komplek candi Prambanan terdapat beberapa bagian mulai dari candi seribu yang terletak disebelah utara bagian utama candi, sedang diselatan terdapat complek candri bubrah Karena banguannya yang bubrah. Candi Prambanan juga sering dibuat sebagai tempat ibadah masyaratak yang menganut hindu dari berbagai daerah. Hal yang tak haarus dilewatkan adalah untuk melihat pertunjukan tarian Ramayana yang biasa digelar secara regular oleh pengelola. Untuk ke Candi prambanan bisa ditempuh dengan naik bus transjogja.


Komplek Candi Ratu Boko
Pintu masuknya yang tepat berada ditepi jalan prambanan-piyungan ini mengharuskan pengunjung harus berjalan kaki keatas untuk menuju komplek wisata candi di Yogyakarta ini. Pengunjung harus menapaki anak tangga yang ada dikomplek candi ini. Merupakan tempat favorit bagi pecinta sunset, Karena di Candi Ratu Boko ini merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat sunset di jogja. Gerbang dari situs Ratu Boko ini terlihat indah meskipun sudah tua dan bentuknya tidak seperti yang semula, terdapat pula kolam air yang dulunya dibuat untuk menyimpan air. Disini dulu diperkirakan sebagi tempat pemukiman meskipun sampai kini masih terus dipelajari untuk memastikannya.


Tempat Wisata Candi di Yogyakarta Baru dan Lama, tinggal memilih saja tempat mana yang akan kalian tuju, toh dari kesemua wisata candi di Yogyakarta terletak tidak terlalu jauh dan saling berdekatan. Pokoknya tidak akan menyesal jika menikmati wiasta candi di Yogyakarta.


Tag : Wisata
Back To Top