Info Unik dan Menarik Terbaru

Menikmati Keindahaan Sungai Oyo dan Berburu Ikan

Advertisement
Menikmati Keindahaan Sungai Oyo dan Berburu Ikan - Sungai Oyo terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, Sungai Oyo membentang diantara pegunungan seribu Kab. Gunungkidul. Sungai yang jika dimusim huajan ini selalu berwarna coklat, tapi akan tampak indah jika saat musim kemarau datang. Karena aliran sungai Oyo akan tampak jernih sekali jika musim kemarau datang, batu kars dan bebatuan lainnya akan tampak indah jika dilihat karena debit sungai Oyo yang berkurang.

Jika kebanyakan orang menikmati keindahan sungai Oyo dengan pergi ke kawasan wisata seperti Sri Getuk atau di River Tubing Oyo, ya itu karena wisata di kedua tempat itu memang lebih populer. Nah, kali ini saya akan berbagi cerita mengenai keindahan sungai Oyo yang tentunya jauh berbeda dibandingan ditempat wisata. Ya, kerena memang yang saya ceritakan disini bukan hanya sekedar wisata tapi lebih tepatnya menikmati sungai Oyo sambil berburu ikan. Tentunya akan mendapat keseruan dan tantangan yang berbeda.

Pacet atau paser biasa kami menyebut alat yang kami gunakan untuk mencari ikan disungai. Paser adalah alat untuk mencari ikan dengan cara menembak ikan didalam air, paser biasanya dibuat dengan cara merangkai sendiri. Paser terdiri dari besi lancip, pencepit dan pelontar. Satu lagi yang juga penting yaitu kaca mata khusus supaya bisa melihat dibawah air.

Iya, nih dari rumah saya untuk menuju sungai Oyo cukup jauh juga jaraknya, karena memang harus naik gunung ke arah dlingo untuk menuju sungai Oyo. Diperjalan cukup seru, karena harus naik turun gunung dan juga jalan yang berkelok-kelok. Perjalanan saya arahkan ke kelurahan Jatimulyo sebuah desa yang masuk wilayah Dlingo. kalau sudah di jatimulyo arahkan ke dusun kedugayak atau dusun-dusun lain yang berbatasan dengan sungai Oyo. Meskipun jalannya rada sulit tapi dijamin asyik deh.

Setelah sampai sungai langsung aja cari spot yang kira-kira banyak ikannya, biasanya kalo disungai Oyo ikan bersembunyi dibawah bebatuan, perlu diingat bebatuan kars itu tajam jadi harus berhati-hati.

Sebelum berburu ikan sebaiknya anda menikmati keindahan alam sekitar sungai opak karena akan pemandangannya sangat indah, masih alami dan indah bila dipandang. Layaknya masih seperti di alam liar. Kombinasi pepohonan, suara burung, tebing, suara sungai mengalir dan bebatuan yang sunguh sangat menakjubkan.

Lanjut berburu ikan, persiapkan perlengkapan, dan bersiap untuk masuk kedalam sungai, jangan takut kedinginan karena aliran sungai Oyo itu hangan airnya jika musim kemarau. Airnya yang jernih akan memudahkan untuk bisa melihat ikan yang berada di celah dan lobang batu. Ikan sogo, beles, palung, bader dan nilam.

Untuk mencari ikan dengan cara 'macet' ini susah-susah gampang karena selain harus menahan nafas juga harus konsentrasi dan mata awas dan jeli. Tapi akan tersenyum riang jika saat tembakan kita terkena ikan dan berhasil ditangkap. Ya, perlu diktahui meskipun tembakan kita kena tetapi kadng masih bisa lolos.

Seperti gak ada bosen-bosenya jika macet di sungai Oyo, karena pemandangan dan suasana sangat mendukung untuk dinikmati meskipun hasil mencari ikan tidak terlalu banyak hati tetap merasa senang.



Iya, ada tempat unik yang saya temui di suatu tempat di sungai Oyo yang bagian atasnya hangat dan bagian dalamnya dingin orang sekitar menyebutnya watu tumpang, karena memang ada batu yang saling tindih/ menumpang.




Tag : Hiburan, Wisata
Back To Top