Info Unik dan Menarik Terbaru

Indahnya Masjid Menara Kudus

Advertisement
Indahnya Masjid Menara Kudus - Mesjid Menara Kudus yang bernama asli Masjid Al Aqsa Manarat Qudus adalah masjid kuna yang dibangun oleh Sunan Kudus sejak tahun 1549 Masehi (956 Hijriah). Bangunan ini berada di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Mengunjungi Masjid Menara Kudus ini harus melewati jalan kecil yang terbuat dari konblok, jalan yang tampaknya hanya cukup untuk lewat mobil saja, jalan yang kecil kanan kirinya berisi dengan toko,pakaian atau pun bangunan yang sudah tua. Terlihat sangat indah sekali petang itu, saat saya mengunjungi Masjid Menara Kudus untuk yang pertama kali. Cuaca yang habis saja hujan menambah indahnya sore itu di masjid menara kudus.

Lalu lalang hiruk pikuk orang-orang dan penjual, di sore itu juga membuat saya merasa seperti berada ditempat yang berbeda sekali dengan biasa saya jumpai. Dijalan yang sempit tepat didepan masjid itu mengkilat karena sisa air hujan yang memantulkan sinar dari lampu-lampu yang menyala. Petang yang indah gumam saya dalam hati, bisa menikmati indahnya suasana masjid menara kudus.

Bangunan perpaduan antara candi dan masjid ini penuh arti, karena bangunan bagian menara itu berbentuk seperti candi dan didekatnya berdiri masjid yang indah seperti memancar dipetang itu. Mungkin efek dari cuaca yang habis hujan atau cahaya lampu-lampu yang berada di masjid menara kudus tersebut yang membuat bangunan seperti memancar.

Pola arsitektur yang memadukan konsep budaya Islam dengan budaya Hindu-Buddhis menunjukkan bahwa terjadinya proses akulturasi dalam bangunan Masjid Menara Kudus dan inilah yang membuat bangunan jadi unik dan indah.

Petang itu ditutup dengan menyantap kuliner khas kudus. Tepat berada didekat samping masjid saya menikmati kuliner khas kudus  yaitu sate kerbau dan sop kerbau, yang tentunya rasanya lezat, sayang kalau dilewatkan pokoknya.



Tag : Hiburan, Wisata
Back To Top