Info Unik dan Menarik Terbaru

Cara Memotret Supermoon Menggunakan Smartphone Anda

Advertisement
Cara Memotret Supermoon Menggunakan Smartphone Anda - Supermoon bukanlah hal yang jarang, keadaan bulan seperti ini sudah terjadi selama ribuan tahun. Namun karena supermoon merupakan fenomena yang sayang jika untuk dilewatkan, ini menjadi salah satu kesempatan yang besar untuk para pengamat langit atau masyarakat umum untuk mengabadikan fenomena alam tersebut.

Jika Anda adalah orang awam dibidang antariksa tetapi ingin menikmati dan mengabadikan moment ini, anda cukup mengunakan ponsel Smartphone Anda.

Berikut cara memotret Supermoon mengunakan Smartphone Anda. 

Perhatikan bulan selama beberapa hari sebelum supermoon terjadi. Jalurnya mungkin tidak akan sama persis, namun mirip, dan Anda dapat merencanakan di mana dan kapan saatnya untuk mengambil gambar tersebut.

"Gunakan lensa optik Anda, bukan zoom digital Anda," saran fotografer National Geographic Michael Christoper Brown. Hal tersebut berarti, jangan gunakan zoom in pada ponsel Anda sebelum mengambil foto terserbut, karena dapat menurunkan kualitas hasil foto. Ambilah gambar pertama, kemudian perbesar untuk memotong atau memperjelas detailnya.

Satu hal lagi yang disarankan oleh semua fotografer, luangkan waktu untuk menikmati bulan tanpa kamera Anda.

"Gunakan tripod. Hal tersebut dapat membantu ponsel Anda lebih stabil,” kata Brown, mungkin tidak terlalu penting, namun ketika mengambil suatu gambar yang begitu jauh, getaran kecil dari kamera Anda dapat mengurangi kualitas gambar secara dramatis. Jika tripod tidak ada, Anda dapat menempatkan ponsel Anda pada sebuah permukaan padat seperti ambang jendela dan gunakan pengatur waktu agar gambar yang diambil lebih stabil.

Gunakan jari Anda untuk mendapatkan keseimbangan cahaya yang tepat. Bill Ingalls menyarankan untuk mengetuk dan menahan jari Anda pada posisi bulan untuk mengunci fokusnya, dibandingkan dengan menggunakan fokus otomatis yang hanya akan memperjelas sekelompok bintang. Lalu Anda dapat menggeser jari Anda untuk mencerahkan atau menggelapkan ekposurnya. Anda bisa mengatur sendiri untuk mendapatkan detail yang diinginkan.

Selamat mencoba tips diatas cara memotret supermoon dengan kamera Smartphone Anda. Cobalah dengan memotret sebanyak-banyaknya dan cari yang paling bagus hasilnya.



Sumber : Daniel Stone/nationalgeographic.com

Back To Top