Info Unik dan Menarik Terbaru

5 Jenis Makanan yang Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Advertisement
5 Jenis Makanan yang Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak - Bagi Anda yang mengalami susah tidur atau insomnia mungkin akan merasa tenganggu, karena banyak yang merasa tidak nyaman karena gangguan susah tidur tersebut. Bagi para pekerja yang bekerja di siang hari tentu hal ini akan sangat menggangu sekali. Kebanyakan dari mereka yang susah tidur akan merasa lemas letih karena kurang tidur.

Bagi Anda yang mengalami susah tidur atau insomnia ada beberapa cara untuk membantu tidur Anda supaya nyenyak. Konsumsilah makanan sehat yang bisa membantu Anda bisa tidur nyenyak.

Berikut ini jenis makanan yang bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak di antaranya:

1. Susu
Susu hangat merupakan sumber yang kaya tryptophan yang menenangkan dan membantu tubuh lebih santai. Tapi berhati-hatilah, daging kalkun dan susu yang dikonsumsi sebelum tidur akan mengacaukan kerja lambung dan membuat Anda terjaga sepanjang malam karena perut terasa begah. Sebaiknya hindari jika Anda belum terbiasa.

2. Daging asap
Daging asap kaya akan tryptophan asam amino yang bisa membantu menenangkan tidur Anda. Triptophan sendiri tidak membuat Anda mengantuk. Kandungan tryptophan membantu otak memproduksi serotonin, yaitu neurotransmiter yang diperlukan untuk tidur dan relaksasi, serta melatonin, sebuah neurohormone yaitu kandungan tambahan yang membuat Anda lebih rileks.

3. Pisang
Kandungan melatonin dan tryptophan (yang diubah menjadi serotonin) dalam pisang membantu Anda tidur lebih nyenyak. Melatonin adalah hormon yang mengirim sinyal ke otak agar tubuh merasa lebih santai. Krim buah yang mengandung magnesium juga dipercaya mengurangi ketegangan otot fisik, dan ampuh melawan stres.

4. Oatmeal
Oatmeal atau yang disebut dengan Havermut ini tidak hanya menjadi menu sarapan yang mengenyangkan, namun juga menghangatkan perut. Havermut atau gandum kaya serat mengandung melatonin. Semangkuk oatmeal dan segelas susu hangat sebelum tidur adalah menu tepat Anda sebelum tidur.

5. Mashed Potatoes
Meski jenis makanan ini dianggap rendah karbohidrat karena kandungan Glycemic didalamnya berada di tingkat rendah, namun mashed potatoes, atau sejenis makanan dari bahan kentang yang dihaluskan ini memiliki pengaruh pada kadar glukosa dalam darah. Menyantap mashed potatoes dengan campuran susu rendah lemak atau buttermilk akan membuat Anda tidur lebih pulas dan sehat.


Ada baiknya bila Anda menghindari minuman yang mengandung kafein dan gula menjelang waktu tidur. Meskipun ada juga sebagian lainnya yang tetap saja merasa mengantuk meski sudah minum kopi beberapa gelas.


Dikutip dari She Knows

Tag : Kesehatan
Back To Top