Info Unik dan Menarik Terbaru

Wisata Pantai Sundak

Advertisement
Wisata Pantai Sundak - Obyek wisata Pantai Sundak bersebelahan dengan obyek wisata pantai Kukup, pantai Krakal dan Pantai Drini. Di Pantai Sundak terdapat aliran sungai pada waktu musim hujan, air dari daratan akan mengalir ke pantai dan membelah pasir yang dilewatinya sehingga menjadi sungai kecil.

Pantai Sundak tererletak di dusun Pule Gundes, desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk mencapai tempat ini Anda cukup mengikuti jalan baron karena pantai sundak juga searah.

Pantai Sundak menyuguhkan pemandanagan dan suasana yang istimewa diantaranya tebing karang yang berada di sisi timur dan barat. Pasir putih terhampar bersih menambah indahnya pemadangan di pantai ini. Keistimewaan lainya dari pantai ini adalah terdapatnya karang-karang kecil yang tersebar sampai sekitar 30 m dari bibir pantai. Karang-karang tersebut permukaannya tidak kasar akan tetapi halus dan akan terasa lembut di kaki karena permukaan dari karang tersebut di diselimuti tumbuhan laut menyerupai rumput.

Suasana pantai Sundak yang berpasir serta adanya pepohonan yang berada disekitar pantai membuat kita bisa bersantai untuk menikmati pemandangan.

Baca juga :

Selaian ada sungai kecil yang membelah pantai Sundak ini juga terdapat goa. Dari goa inilah dulu kenapa bisa dinamakan pantai sundak oleh masyarakat sekitar.

Cerita ini berawal ketika anjing dari penduduk setempat sedang berlarian mencari makan dibibir pantai. Sampai akhirnya anjing tersebut menemukan landak di goa yang terbentuk dari bongkahan karang besar tak jauh dari pantai ini. Selanjutnya terjadilah perkelahian antara kedua binatang itu dan selanjutnya anjing tersebut bisa memenangkan perkelahian tersebut dan berhasil memangsa si landak tersebut. Arjasangku sang pemilik anjing tersebut heran melihat anjingnya keluar dari goa tersebut sambil membawa potongan tubuh landak tersebut dalam keadaan basah kuyup. Tidak disangka ternyata si anjing selain menemukan landak di dalam gua juga menemukan sumber mata air.

Ceritapun menyebar ditengah keadaan penduduk setempat yang kekeringan dan dari sumber mata air yang ditemukan itu penduduk sekitar bisa mendapatkan air.

Mulai saat itu nama pantai Wedimbedah diganti dengan nama pantai Sundak yang berarti Asu (anjing) Landak (asu-landak).

Saat ini wisata pantai Sundak sudah terkenal dan mulai didatangi banyak wisatawan, letaknya yang berjejer dengan wisata pantai lainnya membuat pantai Sundak menjadi destinasi favorit wisatawan.


Tag : Wisata
Back To Top