Info Unik dan Menarik Terbaru

Tips Menghemat Kuota Internet

Advertisement
Tips Menghemat Kuota Internet - Banyak hal yang bisa dilakukan melalui internet mulai dari untuk pekerjaan ataupun sekedar bersenang-senang. Kebutuhan paket data atau kuota internet pun semakin besar maka dari itu pengguna internet harus bisa mengatur kebutuhan kuota internet. Jangan sampai kebutuhan kuota internet menjadi boros. Berikut ini ada tips untuk menghemat kuota internet.


1.Manfaatkan Wi-fi Gratis

Alternatif yang paling utama dalam hal ini, tentu saja mencari atau menghubungkan ponsel ke WiFi setiap kali sedang berada di tempat yang menyediakan WiFi gratis.

2. Awasi penggunaan data

Pengguna bisa mengawasi penggunaan data dengan mudah mengenali hal tersebut melalui menu di masing-masing ponsel, baik sistem operasi Android, iOS atau Windows Phone.

Setelah mengetahui aplikasi apa saja yang banyak menggunakan data, tentu pengguna lebih mudah mengatur kapan menjalankan aplikasi tersebut. Misalnya, hanya membuka aplikasi ketika terhubung dengan WiFi atau pada jam-jam tertentu ketika operator layanan komunikasi sedang memberikan bonus kuota internet.

3. Matikan update otomatis

Update otomatis membuat pengguna selalu bisa mendapatkan aplikasi terbaru tanpa harus repot. Tapi bila tak terkendali, fitur ini malah jadi jebakan yang bisa membabat habis kuota data.

Sebaiknya pengguna mematikan saja fitur ini, dan memilih opsi melakukan pembaruan aplikasi secara manual atau otomatis hanya saat terkoneksi dengan WiFi. Tujuannya agar aplikasi, misalnya Google Play Store tidak otomatis mengunduh pembaruan menggunakan koneksi seluler.

4. Minimalkan download aplikasi

Kurangi mengunduh aplikasi melalui koneksi seluler. Ukuran file sebuah aplikasi sebenarnya bervariasi, tidak seluruhnya berukuran besar. Namun bila Anda termasuk yang suka bermain game, perhatikanlah ukuran file yang diunduh.

Bila harus mengunduh game seperti ini, sebaiknya mencari koneksi WiFi gratis atau lakukan saat Anda berada di lokasi-lokasi tertentu yang memang menawarkan WiFi. Alternatif lain untuk menghemat, cobalah untuk mengunduh aplikasi tersebut saat operator yang digunakan memberikan bonus kuota atau saat terhubung dengan WiFi.

5. Akali menonton video online

Streaming video adalah salah satu layanan yang membutuhkan data dalam jumlah besar. Bila ingin menghemat kuota data Anda, sebaiknya hindari menonton streaming video menggunakan koneksi seluler. Alternatif lain, menonton streaming atau mengunduh video yang diinginkan ketika terhubung ke WiFi gratis.

Bisa juga menonton via koneksi seluler, dapat diakali dengan menurunkan kualitas video. Biasanya pada YouTube terdapat pilihan antara 270p hingga 1080p. Dengan merendahkan kualitasnya, maka data yang dibutuhkan pun semakin kecil.

6. Kompresi data di browser

Sejumlah peramban atau browser memiliki fitur bawaan yang otomatis memampatkan data.Peramban yang memiliki fitur ini, antara lain adalah Chrome dan Opera Mini. Keduanya menggunakan server mereka sendiri untuk mengompres data situs yang dikunjungi pengguna, lalu mengirimkannya dalam bentuk data yang sudah diperkecil. Tentunya fitur ini sangat berguna untuk mereka yang sering menjelajah internet menggunakan ponsel.


Demikianlah tips menghemat kuota internet yang bisa Anda coba supaya pengunaan kuota internet tidak boros dan menguras biaya.

Back To Top