Info Unik dan Menarik Terbaru

Gangguan Kesehatan Yang Sering Terjadi Pada Awal Puasa Ramadhan

Advertisement
Gangguan Kesehatan Yang Sering Terjadi Pada Awal Puasa Ramadhan - Ramadhan adalah bulan yang suci serta penuh berkah. Dibulan ramadhan yang penuh berkah ini adalah kesempatan umat muslim untuk melakukan ibadah puasa ramadhan sebagai penebusan dosa. Di awal berpuasa, biasanya banyak yang merasa berat karena pola makan menjadi beda dari hari-hari biasa. Biasanya umat muslim yang berpuasa akan mengalami gangguan kesehatan pada saat awal-awal puasa ramadhan


Berikut ini adalah gangguan kesehatan yang sering terjadi pada awal puasa ramadhan :

1.Merasa Kelaparan: Rasa lapar adalah efek utama yang selalu muncul jika Anda berhenti makan. Kebanyakan orang akan merasa lapar dengan hebat 4 jam setelah makan terakhir, namun akan mereda beberapa jam kemudian, dan juga biasanya rasa lapar tersebut datang di hari pertama dan kedua puasa saja. Untuk menghidari rasa lapar sebaiknya hindari aktivitas yang menyerap banyak tenaga.

2.Otak Blank: Otak terasa blank dan juga kelelahan fisik. Dampak negatif seperti ini juga akan berlalu. ketika otak terasa blank, Anda memang tidak bisa fokus pada apapun. Agar puasa tidak batal, sebaiknya gunakan untuk istirahat atau sekedar rileks di ruangan Anda.

3.Mulut Kering: Gangguan kesehatan lainnya yang datang selama berpuasa yaitu mulut kering. Dalam penelitian ditemukan ternyata mulut kering bukan hanya disebabkan oleh kurangnya cairan tubuh, melainkan juga disebabkan oleh kurangnya nutrisi dalam makanan. Usahakan Anda mengkonsumsi makanan yang bisa dicerna dengan baik oleh tubuh serta mengandung nutrisi yang bisa menjadi sumber energi selama berpuasa.

4.Mudah Mengantuk: Masalah yang satu ini juga termasuk wajar jika Anda alami selama berpuasa. Biasanya rasa kantuk terjadi karena kurangnya asupan gizi saat makan, serta kegiatan yang dilakukan dimalam hari saat selama bulan puasa. Sebaiknya atur jadwal kegiatan Anda di malam hari dan pastikan  mendapatkan waktu tidur yang cukup agar kegiatan Anda tidak terganggu gara-gara rasa kantuk.

Menjalankan puasa ramadhan memang tidak mudah dan banyak tantangannya karena saat berpuasa bukan hanya sekedar menahan rasa lapar dan haus saja tapi juga harus menjaga sikap serta perbuatan. Gangguan kesehatan yang sering terjadi pada awal puasa ramadhan merupakan salah satu tantangan dari menjalankan ibadah puasa ramadhan.



Tag : Kesehatan
Back To Top