Info Unik dan Menarik Terbaru

Plastik Dan Kompos Hasil Daur Ulang Dari Puntung Rokok

Advertisement
Plastik Dan Kompos Daur Hasil Ulang Dari Puntung Rokok - Selama ini, puntung rokok dianggap sebagai sampah yang tak bisa di daur ulang karena mengandung karena campuran padat produk organik dan anorganik yang sulit didaur ulang. Puntung rokok berbahaya bagi kesehatan pula. Berserakan di jalan-jalan, mengotori taman, pantai dan berbagai tempat lain. Kini puntung rokok bisa diubah jadi plastik dan kompos.




Perusahaan bernama TerraCycle, tujuannya adalah mengambil alih benda-benda yang biasanya oleh sebagian orang dianggap mustahil untuk di daur ulang, kemudian menggunakan sains untuk mencari cara melakukan daur ulang.

TerraCycle perusahaan yang berbasis di New Jersey  berhasil mendaur ulang puntung rokok dan mengubahnya menjadi produk plastik seperti palet pengiriman, bantalan rel kereta api dan bahkan asbak serta kompos.

TerraCycle mendaur ulang puntung rokok dengan memisah-misahkan mereka menjadi beberapa bagian tunggal, sehingga puntung rokok beracun itu menjadi sesuatu yang berguna!

TerraCycle membuat kompos dari sisa-sisa bahan organic, seperti tembakau, cengkeh dan kertas linting dan menggunakannya untuk tanah non pertanian, seperti lapangan golf.

Filternya lebih sedikit susah, karena banyak yang terbuat dari selulosa asetat. Bahan ini merupakan jenis plastik yang juga digunakan untuk membuat kacamata hitam. Dari filter inilah dibuat untuk produk plastik seperti palet pengiriman, bantalan rel kereta api dan bahkan asbak


Proses daur ulang puntung rokok sebenarnya cukup mudah. Masalah utamanya adalah biaya. Untuk membiayai proses daur ulang, TerraCycle disponsori oleh berbagai perusahaan, termasuk perusahaan rokok. Sehingga mereka dapat beroperasi di beberapa kota dan orang-orang tetap dapat mengirimkan puntung rokok mereka untuk di daur ulang.

Tag : Teknologi
Back To Top