Info Unik dan Menarik Terbaru

Implan Antena Bisa Untuk Mendengar Warna

Advertisement
Implan Antena Bisa Untuk Mendengar Warna - Neil Harbisson lahir dengan achromatopsia, suatu keadaan buta warna total yang sangat jarang terjadi. Bagi pengidap achromatopsia, dunia ini hanya hitam, putih, dan abu-abu, namun, sejak tahun 2003 Harbinson memiliki antena yang nampak seperempat mengelilingi potongan rambutnya. Implan Antena ini bisa untuk mendengar warna.


Terkait dengan implan yang ia lakukan, sekarang ia dijuluki sebagai seniman cyborg pertama dunia. Ia melihat dirinya sebagai pendukung awal transhumanisme, sebuah gerakan yang mengeksplorasi teknologi secara fisik dan psikologi dalam meningkatkan kemampuan manusia.

Setelah beberapa tahun latihan, Harbisson dapat mengenali sempurna warna murni berdasarkan suara dan nada yang dibuat. Ia menjelaskan dalam TED Talk pada 2012 bahwa sekarang ia dapat mendengar dan mengapresiasi warna dari lukisan.

Antena di kepalanya dapat mendeteksi panjang gelombang cahaya yang dipantulkan di depan sensor dan kemudian mengkonversinya menjadi suara, dengan panjang gelombang yang berbeda sesuai dengan frekuensi suara yang berbeda pula. Antena ini secara permanen ditancapkan di tengkoraknya dan mengirimkan gelombang suara ke dalam telinga melalui saluran tulang.

(Baca pula : Teknologi Chip Retina Mata

Sebuah penemuan yang tentunya akan sangat membantu para pengidap achromatopsia, sanyangnya penemuan imolan antena untuk bisa mendengar warna ini belum diproduksi masal.

Back To Top