Info Unik dan Menarik Terbaru

Cyborg Heart Patch, Teknologi Perangkat Penambal Jantung Bagi Penderita Sakit Jantung

Advertisement

Cyborg Heart Patch, Teknologi Perangkat Penambal Jantung Bagi Penderita Sakit Jantung - Banyak penderita penyakit jantung di dunia meninggal sebelum mereka menerima transplantasi jantung! Hingga saat ini, transplantasi jantung adalah salah satu solusi terbaik bagi pasien jantung. Sebuah inovasi dari Tel Aviv University, Israel dapat mengatasi permasalahan global ini. Para ilmuwan dari universitas ini telah menciptakan suatu tambalan jantung yang disebut “cyborg heart patch” atau disingkat CHP.

CHP atau cyborg heart patch adalah perangkat penambal jantung yang mengkombinasikan biologi dengan komponen elektronik dan mekanik. Alat ini sangat canggih sehingga dapat meng-cover jaringan jantung dan mengaturnya layaknya mesin!



Cyborg Heart Patch ini adalah buah pikiran dari dua ilmuwan, Prof. Tal Dvir dan Ron Feiner. Mereka mengajar di Department of Biotechnology, Department of Materials Science and Engineering, dan Center for Nanoscience and Nanotechnology di Tel Aviv University.

Menurut Prof. Dvir, penemuannya diilhami oleh berbagai film fiksi tentang manusia cyborg yang menggabungkan antara jaringan hidup dengan mesin. Tambahnya, sejauh ini para peneliti hanya dapat merancang jaringan jantung organik namun dengan CHP, dia dan timnya mampu memproduksi jaringan bionik yang dapat memastikan jantung bekerja secara normal.
Prof. Divr sangat popular dalam bidang rekayasa nanoteknologi dan nampaknya dia dan timnya telah menemukan solusi bagi setiap kerusakan jaringan jantung permanen. Ketika diaplikasikan, CHP mampu mengatur jaringan jantung layaknya mesin robot.


Eksperimen 
Para peneliti merekayasa sebuah jaringan jantung buatan yang digunakan untuk transplatasi. Jaringan yang dibuat cukup tebal untuk menampung beberapa piranti elektronik yang mampu mengeluarkan sinyal elektronik. Di dalam piranti elektronik yang digunakan telah ditanamkan banyak polimer elektronik yang terintegrasi dengan sistem kontrol elektronik. Polimer-polimer inilah yang mengatur berbagai faktor termasuk molekul-molekul kecil yang terlibat dalam aktifitas mikro jantung.

Harapan 
Harapan dari penggunaan CHP dapat dilukiskan dalam situasi berikut. Seorang penderita jantung mengalami angina atau nyeri jantung. Dia menelepon rumah sakit dan dokter di rumah sakit akan segera melakukan koneksi pada database rumah sakit dimana terdapat berbagai info dan juga pengaturan pada jantung penderita. Dokter dapat mengetahui secara real time, kondisi jantung pasien dan langsung dapat menangani jantung bahkan mengaktifkan obat untuk memperbaiki kondisi jantung. Semua ini dilakukan secara online dari jauh!


Cyborg Heart Patch, Teknologi Perangkat Penambal Jantung ini juga, ada harapan lain seiring dengan perkembangan teknologi yang sedang dijalankan. Prof. Dvir berharap bahwa suatu saat pasien tidak perlu ke rumah sakit jika terkena serangan jantung mendadak. Piranti elektronik dalam jaringan jantung mereka akan secara otomatis memperbaiki segala kerusakan, misal jika pasien mengalami peradangan jantung maka jaringan akan secara otomatis mengeluarkan obat peradangan jantung. Atau dalam situasi dimana pasien mengalami sesak napas, jaringan jantung buatan akan secara otomatis membentuk sel-sel arteri untuk memperlebar saluran darah.

Semoga Cyborg Heart Patch, Teknologi Perangkat Penambal Jantung ini berfungsi dengan baik dan terus berkembang dan bisa membantu banyak orang yang menderita penyakit jantung.


Back To Top