Info Unik dan Menarik Terbaru

Awas Terapi Bekam Ternyata Tidak Terbukti Secara Ilmiah

Advertisement
Awas Terapi Bekam Ternyata Tidak Terbukti Secara Ilmiah - Sejarah Bekam merupakan komponen kuno pengobatan Cina. Ini juga merupakan obat tradisional yang terkenal di Vietnam dan negara- negara Asia lainnya. Apa buktinya? Bukti ilmiah yang di klaim tidak mendukung bekam sebagai obat untuk kanker atau penyakit lainnya. Laporan pengobatan sukses dengan cupping, terutama hanyalah sekedar anekdot dan testimoni bukan dari studi penelitian.

Bukti ilmiah yang tersedia tidak mendukung klaim bahwa bekam/cupping memiliki manfaat kesehatan.

Bekam adalah praktek pengobatan berasal dari Cina, dan dianjurkan terutama untuk mengobati kemacetan bronkial, arthritis, dan nyeri. Hal ini juga dipromosikan untuk meringankan depresi dan mengurangi pembengkakan.

Bekam melibatkan pemanasan udara dalam gelas, logam, atau cangkir kayu dan membaliknya di atas permukaan tubuh untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan. Bekam didasarkan pada pengobatan tradisional Cina.

Cupping diyakini menyetel kembali dan menyeimbangkan aliran energi seseorang atau kehidupan yang disebut qi atau chi (diucapkan “kee” atau “chee”). Di bagian yang sakit atau cedera, praktisi mengatakan, qi terganggu dan mungkin ada terlalu banyak atau terlalu sedikit pada titik- titik tertentu dalam tubuh. Praktisi diagnosa ketidakseimbangan dalam qi dan mencoba untuk memulihkan mereka.

Meskipun tidak banyak digunakan sebagai metode alternatif pengobatan untuk kanker, beberapa praktisi dapat menggunakannya
untuk menyeimbangkan energi dalam tubuh yang telah diblokir oleh tumor.

Bahan – bahan yang digunakan adalah bahan yang mudah terbakar, seperti alkohol, herbal, atau kertas yang ditempatkan dalam cangkir yang terbuat dari kaca, logam, kayu, atau bambu.

Materi diletakkan dalam cangkir yang dibakar. Setelah api padam, cangkir ditempatkan terbalik di atas jalur qi, bagian di tubuh yang menurut pengobatan Cina tradisional, terkait dengan penyakit pasien. Hal ini biasanya dibiarkan di tempatnya 5 sampai 10 menit. Seiring udara di dalam tabung mendingin, menciptakan vakum, yang menyebabkan kulit mengembang.

Hal ini di yakini membuka pori-pori kulit dan membuat jalur untuk racun untuk keluar dari tubuh. Kulit di bawah cangkir memerah karena pembuluh darah berkembang. Dalam versi yang lebih modern bekam, pompa karet yang menempel pada tabung digunakan untuk membuat vakum.

Dalam cupping “basah”, kulit ditusuk sebelum pengobatan. Ketika cangkir ditempatkan, darah mengalir keluardari tusukan dan dikatakan untuk menghilangkan zat-zat berbahaya dan racun dari dalam tubuh. Dalam kondisi cupping “kering”, kulit yang tersisa utuh. Beberapa praktisi mensterilkan cangkir dalam autoklaf, perangkat yang menggunakan uap di bawah tekanan untuk mensterilkan peralatan medis dengan memanaskan cangkir lebih dari 250ยบ F.


Apakah ada masalah yang mungkin terjadi atau komplikasi akibat cupping?
Cupping dianggap relatif aman. Namun, pengobatan mungkin sedikit  menyakitkan atau bahkan menyebabkan luka bakar. Bekam meninggalkan tanda keunguan pada kulit, yang biasanya sembuh setelah beberapa hari. Hal ini juga dapat menyebabkan pembengkakan akibat penumpukan cairan yang berlebihan di sekitar area yang ditangkup. Mengandalkan perawatan ini sendirian dan menunda atau menghindari perawatan medis konvensional untuk kanker mungkin memiliki konsekuensi kesehatan yang serius.


Demikian informasi mengenai terapi bekam. Semoga bisa menjadi pertimbangan bagi Anda jika ingin melakukan terapi dengan bekam. Semoga informasi kesehatan ini bermanfaat.


Tag : Kesehatan
Back To Top