Info Unik dan Menarik Terbaru

Tips Menjaga Keamanan Dari Peretas (hacker)

Advertisement
Tips Menjaga Keamanan Dari Peretas (hacker) - Keamanan menjadi hal penting yang seringkali dicemaskan pengguna internet dan sistem elektronik. Phising atau pencurian data marak terjadi dalam hal ini, untuk itu kewaspadaan adalah hal yang utama. Di kala banyak orang memusingkan password dan enkripsi, ada beberapa hal yang bisa melindungi diri dari para peretas (hacker).
phising
Tips Menjaga Keamanan Dari Peretas (hacker)
Ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk mengusir para peretas.
Berikut Tipsnya:

Percaya tapi Verifikasi 
Mempercayai orang lain sangat penting terutama dalam sebuah hubungan. Namun, dalam berhubungan dengan orang lain terutama jika orang tersebut baru dikenal atau justru masih asing, Anda perlu melakukan verifikasi.

Jika sebuah tautan atau formulir disuguhkan kepada Anda oleh orang yang belum terlalu dikenal, yakinkan sekali lagi padanya tentang apa yang ditanyakan, terutama jika formulir itu dikirim oleh pihak ketiga. Ini karena orang yang baru dikenal bisa menjadi celah hacker untuk membobol sistem keamanan.

Baca Tautan Web dari Belakang 
Peretas biasanya melakukan phising atau mencuri informasi pribadi seperti password dan nomor rekening dengan cara mengirim tautan yang tersambung ke website yang didesain untuk tampil seperti website yang terkenal dan dipercayai. Untuk menghindari phising, baca tautan web dari belakang.

Perlu diketahui bahwa alamat web dibaca dari kanan ke kiri, sehingga bila Anda memiliki akun Google, misalnya, Anda akan memiliki URL https://myaccount.google.com/ Dalam hal ini, Google merupakan domain tingkat kedua sedangkan myaccount (nama pemilik akun misalnya) adalah subdomain yang dijalankan Google.

Pelaku phising sebaliknya membuat akun yang terbalik karena kebanyakan orang di dunia membaca dari kiri ke kanan. Mereka bisa membuat website palsu dengan URL, misalnya, http://google.myaccount.com/

Tak Perlu Tergesa-gesa 
Penahkah Anda mendapatkan pemberitahuan memenangkan sesuatu dan mendapat tautan untuk mengisi formulir di suatu website? Kebanyakan orang yang terjebak phising terlalu tergesa-gesa dan tidak berpikir panjang sebelum memberikan data amat pribadi pada website tak dikenal.

Pikirkan mengapa perusahaan yang seharusnya punya urusan penting dengan Anda hanya menghubungi melalui pesan teks atau SMS? Cermati pula apakah ada kesalahan ketik yang seharusnya tak ada di pesan resmi.

Demikianlah hal yang bisa dilakukan untuk melindungi Anda dari para peretas (hacker) untuk itu akan lebih baik lagi jika Anda lebih berhati-hati saat mengunakan internet dan sistem elektronik.


Semoga Tips Menjaga Keamanan Dari Peretas (hacker) diatas bisa membantu Anda dalam menanggulangi para peretas/ hacker.
Back To Top