Info Unik dan Menarik Terbaru

Teknologi Chip Retina Mata Bagi Tunanetra

Advertisement
Teknologi Chip Retina Mata Bagi Tunanetra - Teknologi untuk membantu para penyandang tunanetra kini telah ditemukan, yaitu chip retina mata. Teknologi chip retina mata ini berfungsi meniru fungsi retina mata manusia. Sehingga nanti kebutaan bisa diobati dengan mudah mengunakan teknologi ini.
chip retina
Teknologi Chip Retina Mata Bagi Tunanetra
Tim doktor di Oxford Eye Hospital, Inggris sedang mengupayakan sebuah teknologi untuk membantu penyandang tunanetra dengan cara meniru fungsi retina mata manusia. Diharapkan teknologi ini akan mampu mengobati kebutaan.

Tim dokter memakai teknologi "bionik" untuk mengembalikan pengelihatan pasien tunanetra. Tim dokter menanam chip analog di bagian belakang bola mata supaya pasien bisa melihat dengan alat bantu tersebut.

Chip ini berfungsi menangkap cahaya lalu meneruskan sinyal ke otak, mirip dengan peran retina mata. Teknologi chip dipasangkan dengan mikroprosesor pengolahan yang ditanam dikulit balik telinga. Prosessorlah yang mengirimkan sinyal listrik hasil tangkapan chip ke syaraf optik untuk dibaca oleh otak menjadi bentuk visual.
proses pemasangan chip
Teknologi ini bisa digunakan bagi penyandang tunanetra yang menderita kerusakan retina karena penyakit.Pengguna chip ini bisa meningkatkan kontras dan mengatur frekuensi untuk memperjelas gambar yang ditangkap.


Memang teknologi chip retina mata ini masih perlu dikembangkan leih jauh. Resolusi gambar yang ditangkap oleh chip ini pun kurang dari 1 megapixel. Diharapkan teknologi ini akan lebih berkembang nantinya.
Back To Top