Info Unik dan Menarik Terbaru

Tangan Robot Dari Bahan Rongsokan

Advertisement
Tangan Robot Dari Bahan Rongsokan - Kreativitas tidak mengenal batas negara, batas usia, batas miskin-kaya, bahkan batas kondisi fisik. I Wayan Sutawan, seorang pekerja di sebuah bengkel las ini, mampu menerobos keterbatasannya dengan kreativitas yang sangat luar biasa. Dorongan tekad untuk memenuhi kebutuhan keluarganya di dalam keterabatasannya mampu membuatnya menjadi manusia Robot yang tentu saja masih sangat fenomenal di Indonesia. Dia menciptakan tangan robot dari bahan rongsokan. Kreativitas yang sangat jarang ditemukan.

Manusia seperti Wayan ini adalah prototipe manusia Indonesia modern yang berangkat dari bawah, manusia luar biasa yang akan membawa bangsa ini menuju revolusi peradaban yang lebih canggih, ketika orang-orang hanya berbicara tentang politik dan agama. Wayan lebih memilih berkreasi dengan membuat tangan robot dari rongsokan.

Manusia Robot
Tangan Robot Dari Bahan Rongsokan
Berawal dari sakit yang dialami Wayan sejak dirinya jatuh sakit sekitar enam bulan lalu. Dokter mengatakan, dia menderita stroke ringan, sehingga tangan kirinya lumpuh total. Kondisi lumpuh sebelah, sempat membuat dia stres.

Berbekal ilmu yang dipelajarinya di sebuah SMK di Denpasar, I Wayan Sutawan mencoba mengaplikasikan disiplin ilmunya. Sisanya, ia pelajari dari internet untuk merakit barang-barang yang diharapkannya mampu kembali menggerakkan tangan kirinya. Robot itu sebagian besar dirancangnya dari barang rongsokan. Ada komponen dari shock sepeda motor, ada juga dari perangkat elektronik komputer, dinamo, besi rongsokan.

Berbagai rancangan sempat dicoba, sampai kelima kalinya. Terakhir yang dipakainya, kini robot jenis EEG. dibutuhkan alat sensor otak yang sulit dicari di Indonesia. Ia pun memesannya secara online. Tak tanggung-tanggung, ia membeli dari Amerika Serikat seharga Rp4,7 juta. Sempurna! Begitu alat tersebut dipasang, alat bantu yang dirakit sendiri oleh Wayan itu bekerja maksimal. ‘’Alat ini belum sempurna, tetapi sudah lumayan membantu saya. Tanpa alat ini saya sama sekali tak bisa bekerja menggunakan tangan kiri. Namun dengan bantuan ini, menggangkat beban berat juga bisa. Dengan alat ini, kekuatannya jauh lebih besar,’’ paparnya.

I Wayan Sutawan pun mendemontrasikan tangan robot dari bahan rongsokan dengan mengangkat sebuah pelek mobil sekitar 10 kg dengan tangan kanan terasa berat. Namun dengan tangan kiri digerakkan robot, dia mengangkat besi tua itu dengan enteng. ‘’Namun menggunakan robot ini, singal otak saya terkuras. Saya harus konsentrasi memikirkan atau fokus kepada benda apa yang mau diambil atau mengerjakan apa. Kalau tak fokus, saya kesulitan. Jadi perlu memfokuskan otak untuk memerintahkan robot,’’ paparnya.

Meski lumpuh tangan kiri, dengan bantuan tangan robot itu, dia tak hanya melayani pemesan perabot rumah tangga di bengkelnya, juga melayani pekerjaan panggilan. Wayan disebut manusia robot atau si genius.


Kendati begitu, tangan robot dari rongsongkan itu membuat hampir separuh badan Wayan dipenuhi oleh alat elektronik dengan sambungan kabel. Ia pun terlihat seperti manusia robot seperti tergambar dalam film dengan tangan robotnya.
Tag : Teknologi
Back To Top