Info Unik dan Menarik Terbaru

Waspadai Bahaya Efek Samping Kerokan

Advertisement
Waspadai Bahaya Efek Samping Kerokan - Ya, Anda dan bagi masyarakat Indonesia pasti sudah mengerti apa itu “Kerokan”. Kerokan sering dilakukan saat sedang masuk angin. Kerokan pengobatan tradisional Jawa, menggunakan semacam benda tumpul seperti koin, batu giok, potongan jahe, potongan bawang, atau benda tumpul lainnya yang digunakan untuk menggosok bagian punggung. Pengobatan kerokan ini juga menggunakan cairan licin seperti minyak telon, minyak olive, minyak kelapa, atau lotion. Cairan licin ini digunakan agar saat kerokan tidak terjadi iritasi atau lecet pada kulit yang dikerok. Tetapi Anda juga harus mewaspadai bahaya efek samping kerokan.
contoh kerokan
- BAHAYA KEROKAN
Walaupun kerokan termasuk ampuh dalam mengusir gejala masuk angin, namun terdapat bahaya yang tidak kita sadari yang bisa membuat badan menjadi lebih sakit. Bahaya ini memang tidak langsung berdampak pada tubuh kita melainkan akan kita rasakan dikemudian hari. Bahaya yang bisa di akibatkan oleh pengobatan “Kerokan” adalah sebagai berikut :

1. MENGAKIBATKAN KONTRAKSI DINI
Seperti yang kita tahu bahwa saat dikerok atau dikerik, maka akan terjadi Infamasi. Nah yang menjadi masalah adalah reaksi penolakan terhadap Inflamasi tubuh. Saat terjadi Inflamasi, maka mediator anti Inflamasi akan mengeluarkan suatu zat yang disebut “Cytokines” yang merupakan sel yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Zat ini akan memicu pelepasan Prostaglandin yang bisa menyebabkan kontraksi pada rahim. Oleh sebab itu, bagi ibu-ibu yang sedang hamil sangat dilarang penyembuhan dengan cara dikerok karena bisa mengakibatkan timbulnya kontraksi dini akibat munculnya zat Prostaglandin.

2. MASUKNYA BAKTERI DAN VIRUS
Saat kita mengerok atau mengerik tubuh kita, pori-pori kulit akan terbuka lebar oleh karena efek gesekan kulit dengan benda tumpul maupun karena panas tubuh yang meningkat. Saat pori-pori membesar maka akan memudahkan angin masuk kembali ketubuh dengan membawa bakteri dan virus dari udah kedalam tubuh. Memang efeknya tidak akan langsung terasa oleh tubuh kita tapi akan muncul efek dikemudian hari. Sebagian besar orang akan merasa ketagihan saat dikerok dan pasti akan melakukannya lagi saat dia terserang masuk angin. Nah semakin sering kerokan dan semakin sering pula pori-pori melebar, maka akan semakin banyak juga virus dan bakteri yang masuk kedalam tubuh.


Demikianlah informasi kesehatan mengenai Bahaya Efek Samping Kerokan yang harus Anda perhatikan, apalagi jika Anda mempunyai kulit yang mudah iritasi, tentu akan sangat berbahaya. Anda harus mempertimbangkan efek samping bahaya dari kerokan. Semoga informasi kesehatan ini bermanfaat bagi Anda.
Tag : Kesehatan
Back To Top