Info Unik dan Menarik Terbaru

Mengenal Wisata Kesenian Unik Terbangan/Terbang Dan Seni Genjreng Dari Kedungpoh

Advertisement
Mengenal Wisata Kesenian Unik Terbangan/Terbang Dan Seni Genjreng Dari Kedungpoh - Ya, mungkin Anda akan akan bingung jika mendengar kata kesenian Terbangan dan Genjreng. Kesenian ini boleh dibilang unik karena mungkin hanya terdapat di Kedungpoh. Kedungpoh merupakan desa dan kecamatan di kab. Gunungkidul Yogyakarta. Kesenian Unik Terbangan/Terbang Dan Seni Genjreng Dari Kedungpoh ini masih banyak belum yang mengetahuinya. Akan lebih menarik lagi jika anda mengetahui apa itu Terbang dan Genjreng.

Kesenian Unik Terbangan/Terbang.
Terbangan/terbang adalah Seni sholawat yang sebenarnya merupakan senik musik relegius yang sudah ada sejak tahun 1930an. Perintis seni terbang ini bernama mbah Kasan Dimejo, yang pada waktu itu terbangan menjadi seni yang sakral untuk acara-acara di masyarakat. Karena seni terbangan merupakan seni yang dilantunkan dengan nada-nada sholawat makanya tidak sembarang orang berani untuk mementaskannya.
Hanya acara-acara tertentu yang yang berani menampilkan kesenian Terbangan. Kesenian Terbangan sebenarnya sangat sederhana, jenis alat musik yang digunakan adalah alat musik rebana dan hanya terdiri dari 1 gong satu kempul dan 2 kempyang ditambah kendang batangan untuk mengatur pola dan vokal.

Seiring dengan perkembangan jaman seni Terbangan sholawat sinom terus berkembang mengikuti regulasi seni dan tidak meninggalkan tema relegiusnya.

Kesenian Unik Seni Genjreng.
Seni Genjreng memiliki kemiripan dengan seni Terbang, yang  membedakan adalah bahwa Genjreng ada tambahan komponen pada alat musiknya. Yaitu pada pinggiran terbangnya ada lempengan logam yang berfungsi sebagi tambahan bunyi crek…….crek………….. Serta perbedaan lain Genjreng tidak memakai kendang tapi diganti dengan terbang besar. Lagu – lagu yang dibawakan biasanya Sholawatan, bisa juga untuk membawakan lagu apa saja.
Seni Genjreng Kedungpoh merupakan peninggalan dari tokoh agama Islam jaman dulu, sehingga alat Genjreng yang saat ini ada tidak diketahui secara pasti kapan dibuat, namun sampai sekarang masih terawat baik dan masih bagus untuk dimainkan.

Untuk kelestarian seni Genjreng, telah disiapkan generasi muda untuk latihan seni Genjreng. Sehingga kesenian akan terus berlanjut dan lestari.

Walaupun harus dengan jatuh bangun, karena harus bersaing dengan seni musik modern. Kesenian unik Terbangan dan Genjreng dari Kedungpoh tetap berjalan. Kini Kesenian Terbang dan Genjreng menjadi daya tarik wisata yang unik dari Kedungpoh.


Demikian informasi mengenai Wisata Kesenian Unik Terbangan/Terbang Dan Seni Genjreng Dari Kedungpoh. Semoga informasi wisata tersebut bisa menambah wawasan dan referensi Anda jika ingin berwisata atau untuk mengenal budaya kesenian yang tentunya unik dari Kedungpoh, Gunungkidul, Yogyakarta. Semoga kesenian unik Terbangan/Terbang dan Seni Genjreng dari Kedungpoh tetap lestari dan lebih dikenal oleh masyarakat kita.
Tag : Wisata
Back To Top