Info Unik dan Menarik Terbaru

Mengenal Penyakit Skizofrenia

Advertisement
Mengenal Penyakit Skizofrenia - Ya, skizofrenia mungkin bagi masyarakat awam masih banyak belum yang tahu atau pun mengenal apa itu penyakit skizofrenia. Apa lagi penyakit skizofrenia juga jarang diberitakan, kebanyakan masyarakat kita mengenal pengidap skizofrenia sebagai orang gila.
skizofrenia
Mengenal Penyakit Skizofrenia
Skizofrenia adalah gangguan mental yang ditandai dengan gangguan proses berpikir dan tanggapan emosi yang lemah.Keadaan ini pada umumnya dimanifestasikan dalam bentuk halusinasi, paranoid, keyakinan atau pikiran yang salah yang tidak sesuai dengan dunia nyata serta dibangun atas unsur yang tidak berdasarkan logika, dan disertai dengan disfungsi sosial dan pekerjaan yang signifikan. Gejala awal biasanya muncul pada saat dewasa muda, dengan prevalensi semasa hidup secara global sekitar 0,3% – 0,7%. Diagnosis didasarkan atas pengamatan perilaku dan pengalaman penderita yang dilaporkan.

Berbagai kombinasi gejala yang mungkin terjadi telah memicu debat apakah suatu diagnosis mewakili satu kelainan atau beberapa gejala yang berbeda. Terlepas dari etimologi istilah yang berasal dari akar kata bahasa Yunani skhizein ("membelah") dan phrēn, phren- ("ingatan"), skizofrenia tidak sama sebagai "ingatan terbelah" dan tidak sama dengan gangguan identitas disosiatif yang juga dikenal sebagai "gangguan kepribadian ganda" atau "kepribadian terbelah" yang suatu kondisi yang sering tertukar menurut persepsi masyarakat luas.

Pengobatan Pengidap Skizofrenia
Pengobatan andalan adalah pengobatan dengan antipsikotik yang pada umumnya menekan aktivitas dopamine (dan kadang-kadang serotonin) reseptor. Psikoterapi dan rehabilitasi vokasional dan sosial merupakan perawatan yang juga penting. Pada kasus yang lebih serius yang melibatkan risiko untuk dirinya dan orang lain, maka perlu dilakukan perawatan di rumah sakit secara paksa, walaupun lama perawatan di rumah sakit sekarang ini lebih singkat dan tidak sesering waktu sebelumnya. 


Demikian informasi kesehatan mengenai penyakit skizofrenia, semoga informasi kesehatan tentang skizofrenia bisa menambah wawasan Anda tentang mengenal penyakit skizofrenia. Ingan penderita skizofrenia juga manusia jadi perlakukan mereka dengan sewajarnya. Jangan sampai memasung penderita skizofrenia karena mereka juga bisa disembuhkan.
Tag : Kesehatan
Back To Top