Info Unik dan Menarik Terbaru

Indahnya Pemandangan Puncak Hargo Dumilah Di Gunung Lawu

Advertisement
Indahnya Pemandangan Puncak Hargo Dumilah Di Gunung Lawu - Ya, Hargo Dumilah merupakan puncak tertinggi diantara tiga puncak di Gunung Lawu. Dari puncak Hargo Dumilah ini Anda bisa menikmati pemandangan yang indah, dengan view yang tentunya akan sangat berkesan. Apalagi jika Anda penikmat pemandangan, Puncak Hargo dumilah adalah tempat yang pas jika mendaki gunung Lawu

Gunung Lawu (3.265 m) terletak di Pulau Jawa, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung Lawu terletak di antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Status gunung ini adalah gunung api "istirahat" (diperkirakan terahkir meletus pada tanggal 28 November 1885) dan telah lama tidak aktif, Di lerengnya terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara). Gunung Lawu mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous.

Pos Cemorosewu
Gunung Lawu sangat populer untuk kegiatan pendakian.
Pendakian standar dapat dimulai dari dua tempat (basecamp): Cemorokandang di Tawangmangu, Jawa Tengah, serta Cemorosewu, di Sarangan, Jawa Timur. Gerbang masuk keduanya terpisah hanya 200 m.

Pos Cemorokandang
Pendakian melalui Cemorokandang akan melewati 5 selter dengan jalur yang relatif telah tertata dengan baik. Selain tertata dengan baik jalur ini dikenal lebih dari akan tetapi jika untuk pendakian menuju puncak Gunung Lawu akan terasa lebih Lama.

Pos Cemorosewu
Pendakian dari Cemorosewu melalui dua sumber mata air: Sendang (kolam) Panguripan terletak antara Cemorosewu dan Pos 1 dan Sendang Drajat di antara Pos 4 dan Pos 5. Pendakian melalui cemorosewu akan melewati 5 pos. Jalur melalui Cemorosewu lebih nge-track. Akan tetapi jika kita lewat jalur ini kita akan sampai puncak Gunung Lawu lebih cepat daripada lewat jalur Cemorokandang. Pendakian melalui Cemorosewu jalannya cukup tertata dengan baik. Jalannya terbuat dari batu-batuan yang sudah ditata.

Di pos 2 terdapat watu gedhe yang dinamai watu iris (karena seperti di iris). Jalur dari pos 3 menuju pos 4 berupa tangga yang terbuat dari batu alam. Di dekat pos 4 ini kita bisa melihat indahnya telaga Sarangan dari kejahuan. Jalur dari pos 4 ke pos 5 sangat nyaman, tidak nge-track seperti jalur yang menuju pos 4.

Indahnya Pemandangan Puncak Hargo Dumilah Di Gunung Lawu
Gunung Lawu memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah. Hargo Dumilah ini adalah puncak tertinggi Gunung Lawu. Di atas puncak Hargo Dumilah terdapat satu tugu yang menandakan sebagai puncak paling tertinggi di Gunung Lawu. Dan Dipuncak inilah tujuan utama para pendaki untuk bisa menginjakan kakinya dipuncak tertinggi Gunung Lawu.
tugu puncak hargo dumilah
Dari puncak Hargo Dumilah inilah para pendaki bisa menikmati puncak tertinggi gunung Lawu. Disebelah barat bisa menikmati pemandangan indahnya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, sebelah utara menikmati indahnya kota sragen dan sekitarnya. Disebelah timur menikmati indahnya pemandangan Magetan dan terlihat satu gunung berapi juga. Nah kalau disebelah selatan akan dimanjakan dengan pemandangan perkebunan dan perbukitan yang berada disekitar lereng Lawu.

Selain menikmati pemandangan alam, serta kota sragen yang indah. Pemandangan utama yang paling indah adalah saat melihat sunrise ataupun sunset dari puncak Gunung Lawu.


Demikianlah informasi wisata mengenai Indahnya Pemandangan Puncak Hargo Dumilah Di Gunung Lawu, semoga bisa menambah referensi Anda untuk mencoba mendaki dan menikmati indahnya pemandangan di Gunung Lawu. Pokoknya gak akan ada bosannya jika Anda bisa mendaki puncak Hargo Dumilah Digunung Lawu.

Bagi yang suka backpaker ke luar negeri ada referensi nih baca Base Camp Mewah Plaza de Mulas di Aconcagua Argentina
Tag : Wisata
Back To Top