Info Unik dan Menarik Terbaru

Phobos Bulan Milik Mars Akan Hancur

Advertisement
Phobos Bulan Milik Mars Akan Hancur - Anda pasti akan berpikir bahwa benda luar angkasa seperti sebuah bulan akan ada selamanya. Namun, hal itu tidak terjadi pada Phobos. Salah satu bulan yang dimiliki oleh Planet Mars ini ternyata memiliki waktu kadaluarsa. Seperti apa?
phobos
Mengutip dari National Geographic, para ilmuwan di AS baru saja mengungkap sebuah teori bahwa Phobos perlahan-lahan hancur berantakan karena gravitasi Mars, dan bakal lenyap, hancur atau menghilang dalam 30-50 juta tahun yang akan datang. Dalam penelitian yang dipresentasikan pada Meeting of the Division of Planetary Sciences di American Astronomical Society ini, para ilmuwan menganggap bahwa adanya alur linear panjang di permukaan bulan adalah indikasi bahwa bulan secara perlahan akan luruh. Teori sebelumnya menyatakan bahwa garis tersebut disebabkan oleh meteorit besar yang menghantam permukaan bulan.

Sekarang, para ilmuwan meyakini bahwa Phobos tidak padat. Menurut mereka, Phobos terdiri dari tumpukan puing dilapisi dengan lapisan tebal debu yang membuatnya tampak padat. Dalam beberapa juta tahun ke depan, bulan itu bisa saja hancur lebur tak bersisa.

Phobos hanya mengorbit sekitar 6.000 kilometer di atas permukaan Mars. Itu lebih dekat daripada bulan milik planet lainnya di tata surya, dan menyebabkan Phobos tertarik 6 kaki atau hampir 2 meter lebih dekat ke permukaan Mars setiap abadnya. Sebagai perbandingan, bulan milik Bumi yang padat, memiliki jarak orbit sejauh 385.000 kilometer.Tentu saja, satu-satunya cara untuk benar-benar memastikan apa yang terjadi dengan Phobos yaitu dengan melihat lebih dekat.

Rusia berusaha untuk mengirim sebuah pesawat luar angkasa untuk Phobos pada tahun 2011, tetapi pesawat ruang angkasa Phobos-Grunt tak pernah meninggalkan orbit Bumi.

Jepang pun berencana untuk meluncurkan pesawat luar angkasa ke Phobos sekitar tahun 2022. Jika semua berjalan dengan baik, kita mungkin mendapatkan pemandangan Phobos lebih baik sebelum bulan milik Mars ini akan hancur/ berangsur-angsur lenyap.


Semoga informasi tentang Phobos Bulan Milik Mars Akan Hancur, bisa menambah wawsan Anda bahwasanya apa yang ada di alam semesta ini akan ada siklus terbentuk dan tereliminasi. Semua akan terus berjalan menurut hukum-hukum yang ada di alam semesta.
Tag : Teknologi
Back To Top