Info Unik dan Menarik Terbaru

Pengertian Bagian-Bagian Rangkaian Yang Ada Pada Komputer Personal

Advertisement
Pengertian Bagian-Bagian Rangkaian Yang Ada Pada Komputer Personal - Perlu Anda ketahui pada dasarnya komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Namun istilah komputer yang lebih cocok untuk arti luas seperti sekarang, "komputer" adalah " teknologi yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi."

Komputer adalah sebuah teknologi yang tidak berdiri sendiri. Komputer terdiri dari beberapa bagian-bagian rangkaian. Setiap bagian-bagian dari komputer itu mempunyai fungsi masing-masing untuk menjalankan sistem komputer. Dibawah ini akan dijelaskan pengertian bagian-bagian yang ada pada komputer.

Pengertian Bagian-Bagian Rangkaian Yang Ada Pada Komputer Personal :
1: Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan.

2: Papan induk (motherboard) adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo. Pengertian lain dari Motherboard atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.

3: Pemroses / Unit Pemroses Sentral (UPS) (Central Processing Unit; CPU), merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, pemroses/prosesor (processor), sering digunakan untuk menyebut CPU. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal.

4: Slot ATA / Advanced Technology Attachment (ATA) adalah antarmuka standar untuk menghubungkan perangkat penyimpanan seperti cakram keras dan CD-ROM dalam komputer pribadi. Terdapat banyak istilah dan sinonim untuk ATA, termasuk singkatan-singkatan IDE, ATAPI, dan UDMA.

5: Memori Akses Acak (MAA)(Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

6: Slot PCI / Interkoneksi komponen periferal (Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. PCI juga adalah suatu bandwidth tinggi yang populer, prosesor independent bus itu dapat berfungsi sebagai bus mezzenine atau bus periferal.

7: Pencatu daya (power supply) adalah sebuah piranti elektronika yang berguna sebagai sumber daya untuk piranti lain, terutama daya listrik. Pada dasarnya pencatu daya bukanlah sebuah alat yang menghasilkan energi listrik saja, namun ada beberapa pencatu daya yang menghasilkan energi mekanik, dan energi yang lain.

8: Penggerak cakram optis / (optical disc drive, atau ODD) adalah sebuah penggerak cakram yang menggunakan sinar laser atau gelombang elektromagnetik sebagai bagian dari proses membaca atau menulis data ke dalam atau dari cakram optis. Beberapa penggerak hanya dapat membaca data dari cakram-cakram tersebut, namun penggerak pada masa sekarang mampu membaca dan menulis data ke dalam cakram optis. Penggerak yang dapat melakukan kedua tugas tersebut disebut pembakar cakram optis. Cakram CD, DVD, dan Blu-ray adalah jenis umum media optis yang mampu dibaca dan ditulis oleh penggerak tersebut. Penggerak optis (bahasa Inggris: optical drive) adalah nama umum, penggerak (drive) umumnya dideskripsikan sebagai "CD", "DVD", atau "Blu-Ray", yang sebelumnya diawali dengan "penggerak", atau sejenisnya.

9: Cakram keras (harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik (non-volatile). Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

10: Papan Tombol komputer (keyboard) merupakan sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 3, 4, 5, 8, 3, 3 dan lain-lain, serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam komputasi, papan ketik menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.

11: Tetikus (mouse) adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer selain papan tombol. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus. Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol utama, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Tetikus modern umumnya dilengkapi dengan tombol scroll yang juga dapat ditekan sebagai tombol ketiga. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.

Pada mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi karena perkembangan teknologi yang ada sekarang komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Perlu Anda ketahui juga, pada yang masa sebelum komputer belum berkembang seperti sekarang ini,
Demikian informasi mengenai Bagian-Bagian Rangkaian Yang Ada Pada Komputer Personal, semoga bisa menambah wawasan Anda dan dapat berguna bagi Anda. Karena seperti yang kita ketahui pada masa kini bahwa perkembangan jaman sangat pesat jadi jangan sampai Anda ketinggalan kemajuan teknologi.
Tag : Teknologi
Back To Top