Info Unik dan Menarik Terbaru

Daftar 9 Negara Yang Memiliki Senjata Nuklir

Advertisement
Daftar 9 Negara Yang Memiliki Senjata Nuklir - Perlu diketahui, bahwa perkembangan teknologi dibidang sejanta masih terus saja berkembang. Ada beberapa negara yang mengembangkan teknologi senjata nuklir. Meskipun tuntutan perlucutan senjata nuklir semakin kuat, namun di seluruh dunia masih terdapat sekitar 16.300 bom atom. Tentu saja itu adalah jumlah nuklir yang sangat besar. Sejumlah negara diketahui telah mengembangkan senjata nuklir.



Berikut negara-negara pemilik senjata pemusnah massal ini seperti dilansir National Geographic:
1. Rusia
Negara ini merupakan pemilik senjata nuklir terbesar, demikian menurut lembaga penelitian asal Swedia, Stockholm Peace Research Institute (SIPRI). Rusia diyakini memiliki 8.000 hulu ledak nuklir. Negara ini pertama kali melakukan uji coba senjata nuklir pada tahun 1949.

2. Amerika Serikat
Negara ini merupakan satu-satunya yang pernah menggunakan bom atom dalam perang. Saat ini, AS masih memiliki 7.300 bom atom.

3. Prancis
Setelah Rusia, Prancis merupakan negara Eropa yang terbanyak menyimpan senjata nuklir. Negara ini mulai mengembangkan senjata nuklir pada tahun 1960, dan saat ini memiliki 300 hulu ledak nuklir.

4. China
Negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di Asia dan dengan jumlah tentara terbanyak di dunia ini, diperkirakan memiliki 250 bom atom. China melakukan uji coba pertama senjata nuklir pada tahun 1964.

5. Inggris
Sekutu terdekat AS ini memiliki 225 senjata nuklir. Inggris pertama kali lakukan uji coba nuklir pada tahun 1952.

6. Pakistan
Negara yang pernah berperang sebanyak tiga kali dengan negara tetangganya, India ini diperkirakan memiliki 100 sampai 120 hulu ledak nuklir. Pakistan diketahui mulai mengembangkan senjata nuklir pada tahun 1998.

7. India
Negara ini melakukan uji coba nuklir pertama tahun 1974, sementara yang kedua dilakukan pada tahun 1998. India diperkirakan memiliki 90-100 bom atom. Negara ini berjanji tidak akan menggunakan senjata pemusnah massal untuk menyerang pertama dan tidak akan menggunakannya terhadap negara yang tak punya senjata nuklir.

8. Israel
Sangat sedikit informasi tentang program nuklir Israel yang diketahui masyarakat internasional. Namun, diperkirakan bahwa negara Zionis ini memiliki 80 senjata nuklir.

9. Korea Utara
Dengan bantuan teknologi dari Pakistan, Korea Utara setidaknya berhasil memiliki enam hulu ledak nuklir. Meskipun masyarakat internasional menerapkan berbagai tekanan dan embargo, sejak tahun 2006 negara komunis ini tetap rajin melakukan uji coba senjata nuklir.


Semoga informasi Daftar 9 Negara Yang Memiliki Senjata Nuklir, menambah pengetahuan Anda. Memang akan sangat berbahaya sekali jika senjata nuklir ini sampai digunakan untuk peperangan karena dampaknya yang akan sangat buruk bagi yang terkena serangan senjata nulir. Contohnya seperti dua kota di Jepang yaitu Hirosima dan Nagasaki yang terkena serangan bom atom dari Amerika Serikat.
Tag : Teknologi
Back To Top