Info Unik dan Menarik Terbaru

Balapan Bagan Badak Atau Bagan Badak Race Destinasi Wisata Baru Banten

Advertisement
Balapan Bagan Badak Atau Bagan Badak Race Destinasi Wisata Baru Banten - Bagan adalah jenis perahu penangkap ikan tradisional, yang masih banyak digunakan nelayan kecil tradisonal didaerah Banten. Untuk menjaga kelestarian bagan maka diciptakan lah Balapan Bagan Badak Atau Bagan Badak Race Destinasi Wisata Baru Banten.
bagan-badak-race
Balapan bagan badak atau "Bagan Badak Race" menjadi destinasi baru pariwisata Banten. Itu sangat melengkapi destinasi pariwisata lainnya di Banten.

"Kalau daerah lain ada 'Tour the Singkararak' dan lainnya, nah Banten kini punya Bagan Badak Race. Ini pertama kalinya dan mungkin pertama di dunia," tegas Gubernur Banten Rano Karno saat melepas Bagan Badak Race rangkaian Festival Tanjung Lesung di Pantai Kerang, Pandeglang, Sabtu (31/10/2015).

Rano menjelaskan balapan bagan tersebut di masa depan harus terus lestari dan terus meningkat supaya lebih menarik wisatawan baik dari domestik maupun mancanegara.

"Jika tahun ini hanya 10 unit bagan, maka tahun depan harus lebih banyak lagi supaya lebih menari. Begitu juga dengan masyarakat yang terlibat harus lebih ramai," jelas dia.

Menurut dia, adanya terobosan menciptakan destinasi pariwisata baru melalui even balapan bagan tersebut, harapannya bisa lebih memberikan warna lain bagi pengembangan pariwisata Banten, khususnya wisata di Pantai Selatan Banten.

Tercatat, 10 unit bagan atau perahu penangkap ikan tradisional yang sudah lengkap bagan dengan hiasan, balapan mulai dari Pantai Kerang di Kampung Citeurup Kecamatan Panimbang dan finish di Pantai Beach Club, Tanjung Lesung.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Banten Ali Fadillah mengatakan festival Tanjung Lesung rangkaian memeriahkan HUT Banten ke-15 tahun dan juga upaya promosi pariwisata di Pantai Selatan Banten.

"Kegiatan ini milik masyarakat, kami tidak membedakan mana pejabat dan masyarakat. Semua harus terlibat dalam upaya membangkitkan pariwisata Banten," ujar Ali Fadilah.

Festival Tanjung Lesung tersebut menampilkan juga bazar nelayan, forum bisnis pariwisata Banten, pemutaran film 'Jawara Kidul' dan Perempuan Lesung' serta penampilan seni tradisional Banten. Ia berharap dengan pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang akan memicu pengembangan pariwisata dan perekonomian di wilayah Banten Selatan, khususnya di Lebak dan Pandeglang.


Semoga informasi Balapan Bagan Badak Atau Bagan Badak Race Destinasi Wisata Baru Banten, bisa menjadikan referensi tempat wisata yang cocok untuk Anda untuk berlibur bersama, untuk menghilangkan penat dan stress!
Tag : Wisata
Back To Top