Info Unik dan Menarik Terbaru

Bahaya Penyakit Demam Berdarah Akibat Nyamuk Aedes Aegypti Dan Cara Pencegahannya

Advertisement
Bahaya Penyakit Demam Berdarah Akibat Nyamuk Aedes Aegypti Dan Cara Pencegahannya - Awas, bahaya penyakit demam berdarah, mengigat musim hujan sudah mulai datang, Anda harus waspada terhadap perkembangan nyamuk Aedes Aegypti. Apalagi kita ketahui bahwa negara kita berada di daerah tropis. Perlu Anda ketahui, Aedes Aegypti adalah nyamuk yang sangat berbahaya, bisa mengkibatkan penyakit demam berdarah yang mematikan. Mengingat keganasan penyakit demam berdarah, masyarakat harus mampu mengenali dan mengetahui cara-cara mengendalikan serta pencegahan jenis ini untuk membantu mengurangi persebaran penyakit demam berdarah.
Nyamuk Aedes Aegypti
Penyakit demam berdarah hanya disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk jenis inilah yang menyebarkan virus dengue melalui gigitannya dengan cara menghisap darah manusia, sehingga seseorang yang terkena gigitan nyamuk ini akan mengalami penyakit demam berdarah.

Selain dengue, nyamuk jenis ini juga merupakan pembawa virus demam kuning (yellow Fever) dan chikungunya. Penyebaran nyamuk ini sangat luas meliputi hampir seluruh daerah tropis di seluruh dunia. Sebagai pembawa virus dengue, nyamuk Aedes aegypti merupakan pembawa utama (primari vektor) yang bernama aedes albopictus serta menciptkaan siklus persebaran dengue di desa maupun kota. Sebagai pembawa virus dengue, nyamuk Aedes aegypti merupakan pembawa utama (primari vektor) dan bernama aedes albopictus menciptkaan siklus persebaran dengue di desa dan di kota.

TEMPAT PERKEMBANGBIAKAN NYAMUK AEDES AEGYPTI:
1. Tempat penampungan air, yiatu tempat penampungan air untuk kebutuhan sehari-hari, seperti drum, bak mandi, bak wc dan ember
2. Bukan tempat penampungan air, tempat-tempat yang biasa digunakan untuk menampung air tetapi bukan untuk keperluan sehari-hari seperti tempat air minum hewan peliharaan, kaleng bekas, ban bekas, botol, pecahan gelas, vas bunga, dan perangkap semut.
3. Tempat penampungan air alami, seperti lubang pohon, lubang batu, pelepah daun, tempurung kelapa, kulit kerang, pangkal pohon pisang dan potongan bambu.

LANGKAH PENCEGAHAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH:
Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan demi terhindar dari penyakit demam berdarah. Dan hal utama yang terlebih dahulu kita lakukan adalah: 
1. Menjaga kebersihan lingkungan terutama agar tidak ada genangan air di kaleng, botol, ember, ban bekas atau tempat lainnya yang bisa dijadikan sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk.
2. Menguras tempat air yang selalu kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, agar tidak ada telur ataupun jenitk nyamuk, mengubur dan membuang sampah dengan benar agar tidak ada air yang menggenang.
3. Membersihkan saluran air, gorong-gorong atau selokan depan rumah agar airnya tidak menggenang.

Langkah-langkah tersebut adalah beberapa kegiatan sederhana yang justru memiliki peran penting dalam mencegah dan menghindari penyakit demam berdarah.


Jadi mulai sekarang Anda harus lebih waspada dalam menjaga kesehatan Anda, menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Musim hujan adalah musim dimana banyak air akan tergenang dan nyamuk Aedes Aegypti akan berkembang biak dengan mudah. Kenali cara menangulangi demam berdarah, karena nyamuk Aedes Aegypti memang sangat berbahaya. Semoga informasi kesehatan mengenai Bahaya Penyakit Demam Berdarah Akibat Nyamuk Aedes Aegypti Dan Cara Pencegahannya, bisa membantu Anda dalam menaggulangi masalah demam berdarah.
Tag : Kesehatan
Back To Top