Info Unik dan Menarik Terbaru

Bahaya Mengkonsumsi Ikan Lele Yang Mengandung Sel Kanker

Advertisement
Bahaya Mengkonsumsi Ikan Lele Yang Mengandung Sel Kanker - Lele adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, serta memiliki "kumis" yang panjang, yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya. Ikan lele merupakan salah satu menu makanan favorit dan bahkan di setiap warung makan selalu tersedia menu ini, karena harganya yang cukup murah dan rasanya yang enak menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan yang satu ini.

Meskipun enak dan murah, ikan lele paling kotor di antara jenis ikan lainnya yang sering dikonsumsi oleh manusia. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan, lele merupakan jenis ikan yang mudah berkembang biak di tempat-tempat yang kotor. Lele merupakan jenis ikan yang mudah berkembang biak di tempat-tempat yang kotor karena ikan ini mengkonsumsi limbah berupa kotoran hewan seperti ayam, sapi, dan babi, bahkan ikan ini juga dapat mengkonsumsi kotoran manusia. Sehingga dapat dimungkinkan bahwa dalam tubuh ikan lele mengandung tiga ribu sel kanker yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.
Ikan lele mengandung sel kanker, Kabar ikan lele mengandung 3.000 sel kanker muncul pertama kali di Tiongkok. Sebuah artikel yang menyebutkan ikan lele kotor dan jorok menjadi viral di media sosial. Artikel itu menyebutkan bahwa kotoran manusia juga dijadikan pakan di sebuah tempat budidaya ikan lele di Kota Haikou, China.

Kendati demikian, penikmat ikan lele diminta untuk tidak terpengaruh dengan informasi tersebut. Pasalnya, ikan lele di Indonesia berbeda dengan Tiongkok.

Terlepas dari semua itu, adakah manfaat ikan lele untuk kesehatan ? ternyata ikan yang satu ini selain enak juga mengandung beberapa zat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Kandungan yang terdapat pada ikan lele, Selain daging yang gurih ternyata daging lele terdapat banyak kandungan gizinya. Berikut nilai gizi Lele 100 gram,bagian ikan yang dapat di makan dan ikan segar (FAO,1972)

Macam zat gizi Bag. Ikan yang dapat dimakan Ikan segar utuh.
1 Kadar air (%) 78,5 47,1
2 Sumber energy (cal.) 90 54
3 Protein (gr) 18,7 11,2
4 Lemak (gr) 1,1 0,7
5 Kalsium (Ca) (mgr) 15 9
6 Phosphor (P) (mgr) 260 156
7 Zat besi (Fe) (mgr) 2 1,2
8 Natrium (mgr) 150 90
9 Thiamine (vit B1) (mgr) 0,10 0,06
10 Riboflavin (vit B2) (mgr) 0,05 0,03
11 Niacin (mgr) 2,0 1,2

Dari data diatas dapat disimpulkan, bahwa ikan lele mengandung protein yang tinggi dan zat penguat tulang (kalsium) yang baik untuk dimakan. Selain itu ikan lele juga mengandung mineral lain yang penting pula untuk kesehatan tubuh (Djatmiko Hertami,1986)

Baca juga Awa Bahaya Sosis Dan Nugget

Bahaya Mengkonsumsi Ikan Lele Yang Mengandung Sel Kanker

Nah demikian beberapa informasi mengenai ikan lele yang berada di Tiongkok, namun di Indonesia ikan ini telah dibudidayakan dengan baik oleh para peternak ikan lele dan mereka menggunakan pellet sebagai makanannya bukan menggunakan limbah yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Sehingga mengkonsumsi ikan lele di Indonesia tidak perlu diragukan kebersihannya, namun sebagai konsumen yang bijak kita harus tetap waspada dengan kandungan ikan ini dan tidak perlu mengkonsumsi ikan lele dalam jumlah yang besar secara rutin karena dapat mengganggu kesehatan kita.
Tag : Kesehatan
Back To Top