Info Unik dan Menarik Terbaru

Sejarah Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Advertisement
Sejarah Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakatrta - Gembira Loka adalah sebuah nama kebun binatang yang berada di Kota Jogja. Merupakan salah satu obyek wisata kebun binatang yang terkenal di kota Jogja. Apakah Anda merupakan salah satu yang berkunjung di Kebun Binatang Gembira Loka? Sebaiknya Anda mengetahui Sejarah dibangunnya Kebun Binatang Gembira Loka, berikut ini.
Ide awal pembangunan Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka berasal dari keinginan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1933 akan sebuah tempat hiburan, yang dinamakan Kebun Rojo. Ide itu kemudian direalisasikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dibantu Ir.Karsten yang berasal dari Belanda. Lokasi yang dipilih adalah di sebelah barat sungai Winongo, karena dirasa merupakan tempat yang paling cocok untuk di bangun Kebun Rojo tersebut. Namum akibat dampak dari Perang Dunia ke II pembangunan Kebun Rojo terhenti.

Pada saat pemindahan kembali ibu kota negara dari Yogyakarta kembali ke Jakarta, pada tahun 1949 setelah Perang Dunia II berakhir, tercetus lagi ide untuk memberi kenang-kenengan kepada masyarakat Yogyakarta berupa tempat hiburan. Pada tahun 1953, dengan berdirinya Yayasan Gembira Loka Yogyakarta, yang diprakarsai oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Dan Sri Paduka K.G.P.A.A Paku Alam VIII sebagai ketua, maka pembangunan Kebun Rojo yang tertunda baru benar di realisasikan.

Pada tahun 1959 Tirtowinoto ditunjuk untuk melanjutkan pembangunan Gembira Loka. Karena Tirtowinoto di anggap lebih memiliki kecintaan terhadap alam dan minat yang besar terhadap perkembangan Kebun Binatang Gembira Loka. Sumbangsih Tirtowinoto terbukti mampu membawa kemajuan yang pesat bagi wisata Gembira Loka. Pada tahun 1978 dengan semakin lengkapnya koleksi satwa, pengunjung Gembira Loka mencapai 1,5 juta pengunjung.

Dalam Perkembangannya, pada bulan November 2009 Yayasan Gembira Loka menjalin kerjasama dengan PT.Buana Alam Tirta untuk mengelola Kebun Binatang Gembira Loka, dan diharapkan mampu membawa Kebun Binatang Gemira Loka lebih berkembang untuk pariwisata.


Begitulah Sejarah Kebun Binatang Gembira Loka dibangun. Yang merupakan gagasan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII dan juga sebagai hadiah Untuk Masyarakat Yogyakarta.

Baca: Tips Hemat Berwisata

Tag : Wisata
Back To Top