Info Unik dan Menarik Terbaru

Ini Dampak Negatif Telalu Banyak PR Bagi Anak

Advertisement
Ini Dampak Negatif Telalu Banyak PR Bagi Anak - PR atau pekerjaan rumah adalah hal yang lumrah jika anak anda sedang dalam masa tahap sekolah. Tetapi jika anak anda mendapat tugas PR dari sekolahan yang terlalu banyak akan ada dampak negatifnya.
anak
Belajar adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh anak-anak. Mereka membutuhkan pendidikan untuk bisa menjalani kehidupan sosial maupun individu agar bisa mandiri nantinya. Pendidikan memang dimulai sejak dini, namun bukan berarti pendidikan bisa menyedot semua waktu anak.

Anak juga butuh istirahat dan bermain. Waktu belajar anak sebaiknya memang harus seimbang dengan waktu bermainnya. Anak pun akan belajar banyak saat mereka bermain dan bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Lalu bagaimana jika tuntutan belajar datang dari sekolah?

Biasanya saat pelajaran selesai, anak akan membawa pulang PR untuk dikerjakan di rumah, agar mereka ingat apa yang sudah dipelajari di sekolah. Hal ini sangat baik untuk anak, tapi jika porsinya berlebihan, juga harus diwaspadai.
Seperti dilansir dari vemale .com, Anda harus mengetahui seberapa banyak PR yang "berlebihan", apa efeknya untuk anak dan apa yang bisa orang tua lakukan terhadap hal ini. Seperti dijelaskan berikut ini.

Ini Dampak Negatif Telalu Banyak PR Bagi Anak

Tanda-tanda anak mendapat PR terlalu banyak:
Jika anak mulai menunjukkan ketidaksukaannya terhadap sekolah secara berlebihan terutama ketika mereka mendapat tugas untuk dikerjakan di rumah dari gurunya. The National Education Association menyarankan sebaiknya anak mendapat PR tidak lebih dari 10 soal per pelajaran. Anak akan lebih memahami konsep menyelesaikan masalah maksimal pada 5 soal dalam sebuah PR.

Dampak Negatif terlalu banyak PR terhadap anak:
Anak jadi sering rewel. Anak jadi berpikir bahwa belajar adalah pengalaman yang buruk, bukannya aktivitas yang menyenangkan. Terlalu banyak PR juga bisa membuat anak stres, dan menyita waktu anak untuk berinteraksi dengan orang di sekitarnya, termasuk keluarga karena harus fokus dengan pekerjaan rumah.

Hal Yang Bisa Dilakukan Orangtua:
Orang tua perlu bicara ke pihak sekolah, terutama gurunya, menjelaskan bagaimana sebaiknya untuk tidak memberi PR terlalu banyak, karena seringkali guru tidak sadar bahwa mereka memberi terlalu banyak. Menjelaskan bahwa sangat baik memberi PR namun porsinya juga perlu diperhatikan.

Nah, itu dia yang perlu Anda perhatikan tentang pendidikan anak. Namun jangan hanya percaya sekolah saja atau anak saja, karena terkadang anak justru "memanipulasi" keadaan sekolah sehingga sekolah terlihat buruk di mata orang tua. Anda harus jeli, apakah PR anak memang benar berlebihan atau hanya anak saja yang bersikap malas.


Semoga informasi mengenai Dampak Negatif Telalu Banyak PR Bagi Anak bisa membantu anda untuk lebih mengenal anak anda dan bisa menaggulangi anak yang sedang dalam masalah.
Tag : Kesehatan
Back To Top