Info Unik dan Menarik Terbaru

Potensi Wisata Budaya di Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Yogyakarta

Advertisement
Potensi Wisata Budaya Di Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Yogyakarta - Berikut ini saya akan memberikan info tentang potensi wisata Budaya yang berada di Imogiri Bantul Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi. Perlu kamu ketahui Imogiri merupakan salah satu lokasi tempat wisata yang banyak dikunjungi di Kabupaten Bantul. Selain lokasinya yang bagus dan menarik, imogiri mempunyai banyak lokasi wisata. Jadi jika kamu berkunjung ke Imogiri bisa mengunjungu banya lokasi wisata sekaligus.
makam imogiri
1. Kecamatan Imogiri terdiri dari delapan desa yaitu Desa Selopamioro, Desa Sriharjo, Desa Wukirsari, Desa Kebonagung, Desa Karangtengah, Desa Girirejo, Desa Karangtalun, dan Desa Imogiri.
Benda Cagar Budaya yang ada di Kecamatan Imogiri berupa makam dan masjid :
  • Makam Imogiri - Lokasinya di Desa Wukirsari dan Desa Girirejo, didirikan pada tahun 1632, Kompleks Makam Keluarga Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta.
  • Makam Banyusumurup - Lokasinya di Desa Girirejo, periodisasinya Masa Islam, tempat pemakaman Pangeran Pekik dan keluarganya, Rara Oyi dan Patih Danurejo I.
  • Makam Giriloyo - Lokasinya di Cengkehan Desa Wukirsari, periodisasinya Masa Islam, Kompleks Makam Keluarga Raja Surakarta dan Yogyakarta.
  • Masjid Banyusumurup - Lokasinya di Banyusumurup Imogiri, periodisasinya Masa Islam.
  • Masjid Imogiri - Lokasinya di Pajimatan Desa Girirejo.
2. Potensi kesenian yang ada di Kecamatan Imogiri adalah sebagai berikut :
  • Karawitan - Terdapat di Desa Wukirsari, Desa Girirejo, Desa Selopamioro, dan Desa Kebonagung.   Organisasi yang tertua adalah Madya Laras terdapat di Desa Wukirsari, berdiri pada tahun 1986.
  • Ketoprak - Terdapat di Desa Wukirsari, Desa Sriharjo, Desa Girirejo, Desa Kebonagung, dan Desa Selopamioro.   Organisasi yang tertua adalah Mudha Santosa terdapat di Desa Selopamioro, berdiri pada tahun 1968.
  • Jatilan - Terdapat di Desa Selopamioro, Desa Girirejo, Desa Kebonagung, Desa Karangtengah, dan Desa Sriharjo.   Organisasi yang tertua adalah Turangga Seta terdapat di Desa Girirejo, berdiri pada tahun 1970.
  • Keroncong - Terdapat di Desa Girirejo organisasinya Puspita Giri, berdiri pada tahun 1999.
  • Slawatan - Terdapat di Desa Karangtalun, Desa Wukirsari, Desa Kebonagung, Desa Selopamioro, Desa Karangtengah, dan Desa Sriharjo.   Organisasi yang tertua adalah Sedyo Rukun terdapat di Desa Karangtalun, berdiri pada tahun 1968.
  • Laras Madya - Terdapat di Desa Imogiri dan Desa Karangtengah.   Organisasi yang tertua adalah Krido Budoyo terdapat di Desa Karangtengah, berdiri pada tahun 1970.
  • Srandul - Terdapat di Desa Wukirsari dan Desa Karangtengah.   Organisasi yang tertua adalah Mudho Palupi terdapat di Desa Wukirsari, berdiri pada tahun 1984.
Tradisi nguras enceh
3. Upacara adat yang ada di Kecamatan Imogiri adalah sebagai berikut :
  • Mengisi Air Enceh / Kuras Padasan - Lokasinya di Kompleks Makam Imogiri, Girirejo, pelaksanaannya Selasa Kliwon Bulan Suro, upacara mengganti air yang terdapat pada empat padasan, pelaksananya Kraton Yogyakarta dan Surakarta.
  • Nyekar (Ruwahan) - Lokasinya di Kompleks Makam Imogiri, Girirejo, pelaksanaannya Bulan Ruwah, upacara nyekar ke Makam Imogiri yang disertai dengan tumpengan, kenduri ketan dan kolak apem, pelaksananya Kraton Yogyakarta dan Surakarta.
  • Upacara Merti Dusun - Lokasinya di Desa Selopamioro, pelaksanaannya Bulan Suro tiap tahun sekali hari Minggu Pahing.   Pelakunya masyarakat Selopamioro.
  • Upacara Rasulan / Bersih Desa Wukirsari - Lokasinya di Desa Wukirsari, pelaksanaannya Bulan Sapar, pelakunya masyarakat Wukirsari.   Ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, telah memberikan hasil panen yang baik selama satu tahun.
Baca juga Potensi Wisata Budaya di Kecamatan Kalibawang Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta

Itulah info potensi wisata budaya yang berada dikecamatan Imogiri Bantul Yogyakarta. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin berwisata di Yogyakarta.
Tag : Wisata
Back To Top