Info Unik dan Menarik Terbaru

Wisata Unik Pura Goa Lawah di Klungkung Bali‬

Advertisement
Wisata Unik Pura Goa Lawah di Klungkung Bali‬ - Goa lawah adalah sebuah tempat suci bagi umat hindu yang fungsi adalah sebagai tempat pemujaan Tuhan dengan segala manifestasinya. Istilah Pura ini sama dengan istilah 'Mesjid' sebagai tempat pemujaan tuhan oleh umat muslim dan Istilah 'Gereja' sebagai tempat pemujaan tuhan oleh umat kristiani. Pura di bali sangatlah disucikan, namun masih dapat dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin melihat-lihat keindahan pura di bali.

Wisata Unik Pura Goa Lawah di Klungkung Bali‬
Tujuan para wisatawan berkunjung ke sebuah pura selain untuk minikmati indahnya relief-relief yang ada di dinding-dinding pura wisatawan juga tertarik karena pura memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki di tempat-tempat lainnya. Contoh Pura yang memiliki keunikan tersendiri adalah Pura Tirta Empul Di Tampaksiring, dimana terdapat sebuah kolam dari pancuran air suci di dalam pelataran sebuah puranya. Ada juga Pura Ponjok Batu Di Tejakula, dimana terdapat sebuah karang berbentuk perahu kecil di dalam laut.

pura goa lawah
Wisata Unik Pura Goa Lawah di Klungkung Bali‬
Ada juga Pura Goa Lawah di Klungkung, dimana terdapat sebuah Goa yang didalamnya dihuni oleh sekumpulan kelelawar. Kata 'Lawah' di bali artinya adalah kelelawar, jadi Goa Lawah berarti Goa yang dihuni oleh Kelelawar.

Wisata Pura Gowa Lawah di Klungkung Bali‬
Pura Goa Lawah berlokasi di desa pasinggahan kecamatan dawan kabupaten Klungkung-Bali. Yang unik dari pura ini adalah adanya sebuah Goa pada bagian Utama dari Pura. Bukan hanya sebuah Goa yang kosong, namun Goa ini berpenghuni. Penghuninya adalah sekumpulan kelelawar yang bergantungan di dalam goa ini. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa Kelelawar di pura ini adalah sangat keramat. Bahkan jika ada orang yang berani menggangu ataupun sampai membunuh keleawar di Goa ini maka akan terjadi sebuah bencana.

Wisata Unik Pura Goa Lawah di Klungkung Bali‬
Tepat dimulut Goa ini di bangun berbagai macam pelinggih yang penyembahannya ditujukan kepada dewa penguasa lautan sebagai manifestasi dari tuhan. Ketika anda berada di sekitaran mulut Goa ini, anda akan mendengar suara ribuan kelelawar yang saling bersautan bagaikan bernyanyi-nyanyi di dalam Gua ini. Karena terdapat banyak kelelawar di Goa ini, maka akan menimbulkan bau agak pesing di areal pura ini.

Wisata Unik Pura Goa Lawah di Klungkung Bali‬
Namun walaupun demikian, semua itu akan terbayar setelah anda menikmati keindahan dari Goa Lawah ini. Umat hindu yang bersembahyang disini dilarang mengucapkan kata-kata kasar atau menjelek-jelekan Goa ini.
pura gowa lawah
Wisata Unik Pura Goa Lawah di Klungkung Bali‬
Bersembahyang di pura goa lawah. Umat Hindu Yang Sedang Melakukan Persembahyangan Di Pura Tanah Lot
Konon di dalam Goa tersebut selain dihuni oleh ribuan kelelawar, juga dihuni oleh sepasang ular besar yang menjaga Goa tersebut. Sepasang ular ini katanya adalah Ular Jantan dan Ular betina. Pernah dulu ada 'Jero Mangku' (Orang suci yang memimpin jalannya upacara) bertemu dengan kedua ular tersebut saat melakukan persembahyangan di pura goa lawah ini.

Wisata Unik Pura Goa Lawah di Klungkung Bali‬
Tepat di depan pura goa lawah terdapat jalan besar jurusan Klungkung-Amlapura. Diseberang jalan ini terdapat laut yang luas dengan garis pantai yang membentang luas. Di pigiran jalan ini akan banyak kita temukan berbagai macam warung berjejer karena memang banyak wisatawan yang akan memilih bersantai disini setelah menikmati Keindahan Pura Goa Lawah ini.
Wisata Unik Pura Goa Lawah di Klungkung Bali‬
Kelelawar di goa lawah - Sekumpulan Kelelawar Yang Ada Di Pura Goa Lawah
Goa lawah sempat mengalami perombakan pada bangunan pura yang ada di mulut Goa. Namun sebelum itu diadakan sebuah upacara besar agar perombakan pura ini berjalan dengan baik. Benar saja, ajaibnya setelah diadakan upakara ini kerumunan kelelawar yang biasanya bergelantungan di dalam goa ini pergi entah kemana. Tak ada satupun kelelawar yang di temukan di goa ini sehingga tukang yang mengerjakan bangunan pura menjadi tidak terganggu. Kemudian setelah bangunan pura selesai di bangun dan diadakan upacara kembali, kelelawar kembali berdatangan ke Goa ini seperti sedia kala.
Tag : Wisata
Back To Top