Info Unik dan Menarik Terbaru

Wisata Gunung Kendil Sebuah Mata Air Yang Menarik di Ponjong Gunungkidul

Advertisement
Wisata Gunung Kendil Sebuah Mata Air Yang Menarik di Ponjung Gunungkidul - Mata air Gunung Kendil berada di atas ketinggian puncak sebuah bukit kapur, terletak didesa Ponjong, kecamatan Ponjong atau kurang lebih 11 kilometer arah timur laut kota Wonosari, Gunung Kendil merupakan tempat wisata ritual yang cukup dikenal diwilayah ini. Disini terdapat mata air yang terdapat pada sebuah bongkahan batu besar. Pengeboran batu itu atas perintah mbah Moyo yang merupakan sesepuh desa setempat, sekaligus merupakan pemilik tanah itu. Sebelum memerintahkan pengeboran diatas bongkahan batu besar itu, mbah Moyo melakukan “laku” dan sering melakukan shalat hajat ditempat itu. Dan anehnya setelah dibor air itu mengucur keatas tanpa harus dipompa. Kalau sekarang dipasang pompa karena air tidak bisa berhenti, jadi pompa lebih difungsikan untuk mematikan aliran air.

gunung kendil
Wisata Gunung Kendil Sebuah Mata Air Yang Menarik di Ponjung Gunungkidul.
Banyak orang terperanjat ketika kemudian keluar air jenih dari bongkahan batu itu. Setelah itu banyak orang berkunjung, mula-mula warga sekitar Gunung Kidul tetapi kini sudah banyak yang datang dari luar kota Jogja, Magelang, Klaten, Solo, Boyolali bahkan dari Surabaya dan Jakarta. Kini Gunung Kendil terkenal sebagai tempat terapi air. Beberapa penyakit terbukti sembuh. Banyak orang-orang yang datang ketempat ini untuk melakukan melakukan ritual mensucikan diri  dan melaksanakan hajat dimasjid sekitar tempat ini. Bahkan konon banyak pejabat di wilayah ini yang datang untuk melakukan hal yang sama.

Wisata Gunung Kendil Sebuah Mata Air Yang Menarik di Ponjung Gunungkidul.
Setelah dilakukan penelitian oleh pihak yang berwenang yaitu Dinas Kesehatan kabupaten Gunung Kidul, air dari Gunung Kendil sangat layak untuk di konsumsi bahkan sangat layak untuk sumber air minum. Menurut uji klinis kandungan Ecolinya nol. Dan sekarang masyarakat bias menikmati ARDO ( air do’a ) air minum yang sudah melalui proses sterilisasi ozon, dan dijamin lebih higienis. Ardo juga bisa dibawa pulang dengan kemasan 1,5 liter dengan harga Rp.4000. Sebagai air terapi, untuk memudahkan para pengunjung kemudian juga dibangun 3 kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. Tempat ini sangat mudah untuk dicapai karena berada ditepi jalan raya di kota kecamatan Ponjong, dan di dukung sarana jalan yang sangat mulus. Disamping itu dari kota Wonosari juga tersedia sarana angkutan umum yang cukup memadai.

Baca juga Wisata Puncak Becici Nikmati Indahnya Pemandangan Alam

Demikian Wisata Gunung Kendil Sebuah Mata Air Yang Menarik di Ponjong Gunungkidul. Setelah dari gunung kendil jika bisa sempatkan untuk berkunjung ke desa wisata beji untuk menyaksikan local wisdom kesenian rinding gumbeng. Semoga bisa menjadi wisata alternatif saat kamu berkunjung di Gunungkidul Yogyakarta.
Tag : Wisata
Back To Top