Info Unik dan Menarik Terbaru

Sejarah Bir dan Perkembangannya

Advertisement
bir
Sejarah Bir - Dulu pada mulanya Bangsa Sumeria merendam roti dengan air, membiarkan berfermentasi lalu rendaman roti tersebut diminum. Resep rendaman fermentasi roti ini dipercaya sebagai awal mula bir, seperti yang terdapat dalam lempengan batu bukti peninggalan Bangsa Sumeria.
Migrasi yang dilakukan Bangsa Mesir dan Roma kuno pada awal masa Kristiani berkembang, berperan besar dalam perkembangan bir di benua Eropa. Bir kemudian sangat berkembang di daerah Eropa khususnya Eropa Utara dan Eropa Barat.
Bir menjadi minuman yang disukai dan dikenal dikalangan Eropa. Di kalangan masyarakat eropa bir bukanlah hal yang asing, bir sudah merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari mereka.
Pada jaman pertengahan di Eropa, banyak ilmuwan yang menciptakan teknologi yang masih sederhana, mereka mulai memproduksi bir secara masal dan mulai menjualnya seperti para biksu/rabi.
Inilah awal bir mulai diperdagangkan dan tidak disangka bir mempunyai nilai jual yang tinggi. Hal ini membuat banyak bermunculan pusat pembuatan bir brewery di Eropa.
Pada abad ke -18 perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang di Eropa, Seperti revolusi industri yang terjadi di Eropa, hal itu juga membuat proses pembuatan bir lebih maju dan berkembang pesat.
Diabad ke -19 ilmuwan terkenal Perancis Louis Pasteur, menyarankan kepada para pembuat bir untuk mengunakan yeast murni untuk proses fermentasi bir.
Dari ribuan tahun sebelum masehi hingga saat ini melahirkan lebih dari 40.000 jenis bir di seluruh dunia, merupakan sejarah panjang dari evolusi bir.

Tag : Kuliner
Back To Top