Info Unik dan Menarik Terbaru

Wisata Makam Presiden Yang Pertama Ir.Soekarno di Blitar.

Advertisement
Wisata Makam Presiden Yang Pertama Ir.Soekarno di Blitar. - Bumi Bung Karno adalah sebutan untuk Kabupaten Blitar - Jawa Timur. Sebutan itu karna di daerah ini terdapat makam Ir Soekarno Presiden pertama Indonesa bisa disebut dengan Bung Karno merupakan proklamator kemerdekaan Republik Indonesa. Makam bungkarno berada pada lahan yang sangat luas di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sana wetan, sekitar 3 km dari puasat kota. Cukup mudahmenuju kelokasinya untuk memasuki makam Bung Karno ini tidak tidak di pungut tiket masuk.


Memasuki makan ini di mulai dari sebuah gapura Agung yang menghadap keselatan. Bentuk gapura menyerupai Bentor atau gapura yang terbelah seperti pada Candi Wringin Agung Mojokerto dengan tambahan pada beberapa tambhan pada bagiannya. Makam Bung Karno di naungi sebuah bangunan berbentuk Joglo. Yakni bentu seni kas banngunan kas Jawa, makam itu di apit oleh kedua orang tua beliau, yaitu sebalah kiri ayahandanya R. Soekeni Sosrodiharjo dan sebelah kanan ada makam ibunya yaitu Ida Aju Njaman Rai. cungkup makam Bung Karno di berinama Astono Muly. Pada bagian atas cungkup terdapat kayu yang berukir dan motif yang indah. Diatas makam di letakkan sebuah batu nisan yang terbuat dari batu Pualam yang berwarna hitam dan bertulisan


 " Diasini dimakamkan Bung Karno Proklamator Kemerdekaan dan Presiden Pertama Republik Indonesa Penyambung Lidah Rakyat Indonesa. "

Dulu makam ini diberi dinding penyekat setelah masa presiden Gus Dur dan Putrinya Megawati Soekarno Putri sebagi Wakinya pembatas itu dibongkar, Sekarang parapengunjung dapat mnyentuk batu yang diletakan di atas makam sebagi batu nisan makam yang berwarna hitam. Selain berkunjung di makam kita dapat berkunjung di perpusstakaan dan musium Bung Karno di tempat itu kita dapat membaca buku tentang sejarah Bung Karno dan dapat mengetahui benda-benda bersejarah peninggalan Bung Karno.

Dibagian tengah-tengah musi dan perpustakaan terdapat monumen yang menggambarkan sosok Bung Karno. Pada salah satu sudut di luar terdapat Gong yaitu peralatan musik yang sering digunakan dalam budaya Jawa Gong itu berbentuk moderen hiasan di depanya dan bertuliasan yang berbunyi World Peace Gong atau Gong Perdamaian.


Baca juga Wisata Perdesaan Dan Sejarah Pentingsari di Yogyakarta

Demikian artikel Wisata Makam Presiden Yang Pertama Ir.Soekarno di Blitar. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.
Tag : Wisata
Back To Top