Info Unik dan Menarik Terbaru

Desa wisata kebonagung imogiri bantul Yogyakarta

Advertisement
Desa wisata kebonagung imogiri bantul Yogyakarta - Desa Kebonagung sudah dijadikan desa wisata pertanian. Kegiatannya meliputi membajak sawah, menanam bibit padi, melihat kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar Kebonagung. Lokasi desa wisata ada di dusun Jayan. Masayarakat luar sudah banyak yang sudah melakukan home stay di desa wisata Kebonagung ini. Di sini juga bisa dinikmati Wisata air Bendung Tegal yang juga bisa digunakan untuk olah raga dayung.

Obyek wisata utama yang ditawarkan di Kebon Agung ialah Bendung Tegal, yang merupakan bendungan yang membentang di aliran sungai Opak. Bendung Tegal diresmikan oleh Pemerintah pada tahun 1997. Namun, potensi wisata bandung tegal sendiri baru mulai dikembangkan sebagai obyek wisata baru dimulai sejak tahun 2000. Sedangkan, desa ide desa wisata kebon Agung, digulirkan pada tahun 2003.Sejak tahun 2003 tersebut dimulailah upaya-upaya untuk merintis keberadaan desa wisata Kebon Agung, melalui penyediaan berbagai fasilitas pendukung Desa wisata Kebon Agung, dengan tetap mempertahankan Bendung Tegal sebagai obyek wisata utama.

Berdirinya Desa Wisata ini didorong oleh:
  • Tidak tersedianya lapangan pekerjaan yang mencukupi
  • Bendung Tegal yang dibangun diwilayah Desa Kebonagung
  • Keinginan menambah pendapatan
  • Desa Wisata Kebon Agung dibangun dengan berwawasan pendidikan dan pertanian. Adapun pertimbangan yang mendasari berdirinya desa wisata :
  • Adanya lahan pertanian yang cukup
  • Pertanian tradisional yang masih terjaga dengan baik
  • Kurangnya pemahaman proses bertani kepada generasi muda, terutama dari perkotaan.

Aktivitas Wisata di Kebon Agung Imogiri

Kegiatan wisata yang dikembangkan di Desa Kebon Agung, ditujukan untuk :
1. Menambah ketertarikan wisatawan terhadap kesenian, budaya dan makanan tradisional yang sudah ditinggalkan dan mungkin dilupakan antara lain dengan adanya kegiatan :
· Kesenian Gejog Lesung
· Seni keprajuritan
· Seni Karawitan
· Seni Batik
· Kenduri, Bancaan

2. Memberikan pengetahuan, dan ketertarikan wisatawan mengenai kegiatan pertanian, yaitu dengan kegiatan warga desa dan merasakan kehidupan warga desa yaitu dengan cara menginap di rumah warga/ homestay.

Selain itu, juga terdapat kegiatan lain yang dapat dijadikan alternative wisata di Desa Kebon Agung, yaitu:
1. Kelompok Budidaya Ikan
2. Kolam Pemancingan
3. Kelompok Ternak Kambing

Baca juga Wisata Kesenian Gerabah di Provinsi Jogjakarta

Demikian sedikit penjelasan tentang Desa wisata kebonagung imogiri bantul Yogyakarta. Semoga bisa menjadikan inspirasi untuk dijadikan tempat wisata di kabupaten bantul. Jika anda ziarah ke makam raja Imogiri mungkin bisa sekalian mengunjungi Desa wisata kebonagung ini.
Tag : Wisata
Back To Top